Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Usia 39 dan 49 Tahun Pria Berpotensi untuk Selingkuh

Kompas.com - 28/11/2014, 13:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Meskipun sudah menjalani lamanya pernikahan yang minim konflik, seorang suami bisa saja berbuat khilaf mencari kesenangan lain, dengan cara berselingkuh. Pertanyaannya adalah pada usia berapa pria berpotensi mengkhianati cinta setia dengan selingkuh?

Beberapa waktu lalu, terdapat sebuah studi yang menemukan bahwa manusia memiliki kesulitan menerima penuaan. Studi yang dipublikasikan pada Proceedings of the National Academy of Sciences ini memaparkan, ide logis bahwa seseorang cenderung mengambil keputusan besar sebelum memulai dekade usia yang baru. Dari penjelasan yang dipaparkan studi tersebut, dapat dikatakan bahwa kita biasanya mengambil keputusan penting dalam hidup saat berusia 29 tahun, 39 tahun, 49 tahun, dan seterusnya.

Nah, studi tersebut juga menemukan bahwa kaum pria malah berselingkuh saat usianya menginjak 49 tahun. Alasan umum yang diungkapkan adalah untuk mengisi kembali energi dan semangat di usia yang tak lagi belia. Beberapa pria memang membeli mobil atau barang lainnya yang mereka gemari. Namun, tidak sedikit pula pria yang memilih untuk berselingkuh sebelum membuka lembaran usia yang baru. Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, misalnya, berselingkuh dengan Monica Lewinski di usia 49 tahun.

Menggunakan informasi dari sebuah situs yang mencari hubungan perselingkuhan, salah satu peneliti, Ashley Madison, menemukan bahwa dari sekitar 8 juta pria berusia 25 hingga 64 tahun, lebih dari 950.000 orang pengguna situs berada di pengujung dekade usia mereka. Ini berarti sekitar 18 persen dari keseluruhan pria yang menggunakan situs Ashley Madison berpotensi untuk selingkuh.

Adapun diantara pengguna wanita terdapat tren yang mirip tapi  tidak sekuat yang terjadi di kalangan pengguna pria. Menurut para peneliti, kecenderungan ini kemungkinan lebih terjadi pada kaum pria lantaran mereka lebih memiliki rasa khawatir sebelum memasuki dekade usia yang baru.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com