Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Riasan Wajah Para Ibu Ini Tidak Beraturan?

Kompas.com - 30/11/2014, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Merias wajah bukanlah aktivitas yang mudah. Diperlukan ketelitian dan juga kemampuan untuk menonjolkan bagian terbaik dan menutupi kekurangan pada wajah.

Namun, setelah menatap karya fotografer seniman Elly Heise yang mengabadikan foto wajah para ibu yang dirias oleh anak perempuan balita mereka, ada suatu keindahan terpancar menyerupai seni ketimbang sebatas riasan wajah tanpa aturan.

Dengan judul bertagar #Daughterdoesmymakeup, Heise meminta sekelompok gadis kecil untuk merias wajah ibunya tanpa ada bantuan, mereka dibiarkan bebas berkreasi dengan wajah sang ibu sebagai kanvas.  

Bukannya menyembunyikan noda atau lingkar mata hitam, gadis gadis kecil tersebut justru menjadikan wajah ibunya penuh warna dengan ragam warna abstrak.

"Proyek ini terinspirasi dari kecantikan yang aku lihat semasa aku kecil," jelas Heise pada The Hufftington Post Arts.

"Aku ingin memperoleh pengertian yang lebih baik dari fotografi. dengan cara memotret apa yang gadis kecil lihat ketika mereka melihat ibunya. Aku juga ingin memberi penghormatan kepada peran para ibu yang menakjubkan dan inspiratif dalam kehidupan putri mereka," urainya lebih mendetail.

Dalam foto-foto ini, Heise menangkap kecantikan lewat mata anak-anak. Palet warna seperti warna hijau atau ungu terang yang biasa dihindari untuk menghias pipi, tanpa ragu dipulaskan gadis-gadis cilik ini pada wajah ibu mereka. Mereka sama sekali tidak memedulikan standar aturan rias wajah.

"Aku ingin ini menginspirasi orang untuk mempertanyakan definisi mereka tentang kecantikan, sekaligus untuk mempertimbangkan kembali, apa kita benar-benar membesarkan generasi muda kita untuk percaya akan kecantikan itu," terang Heise.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com