Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2014, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Dalam perkembangan anak, tidak hanya waktu bermain dan belajar yang perlu diperhatikan, orangtua pun harus memerhatikan waktu tidur anak agar si kecil dapat menjadi lebih aktif, gembira, dan memiliki kemampuan otak nan prima.

Sebagian anak memiliki kebiasaan tidur siang usai sepulang sekolah. Namun, ada juga anak yang tidak memiliki kebiasaan itu. Nah, sebenarnya seberapa penting sih tidur siang untuk anak?

Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo Psi, mengungkapkan bahwa waktu tidur ideal bagi anak usia satu hingga 18 bulan adalah sekitar 15 hingga 18 jam. Namun, seiring bertambahnya usia, maka aktivitas anak akan bertambah dan waktu tidur pun berkurang. Ini terutama terjadi saat anak memasuki usia sekolah. Pada fase ini, waktu tidur ideal untuk anak adalah sekitar delapan jam.

"Anak harus tidur siang atau tidak, tergantung kondisi si anak, karena bisa berbeda-beda. Ada anak yang aktif di siang hari, jadi dia tidak butuh tidur siang tapi tidur malamnya cepat. Ada yang tidur siangnya lama, jadi di malam hari tidurnya jadi kemalaman," ujar Vera, pada acara peluncuran Fisher Price Soothe & Glow Seahorse di Grand Indonesia Shopping Town, beberapa waktu lalu.

Memang, tidur siang menjadi dilema ketika anak sudah memasuki masa sekolah. Vera menjelaskan, jika anak usia sekolah terbiasa tidur siang, bisa jadi muncul efek sulit bangun di pagi hari dan menjadi tidak bisa fokus di sekolah. Jalan keluarnya adalah mengurangi atau menghilangkan kebiasaan tidur siang.

"Kalau saran saya, tidur siang dibuat lebih teratur (waktunya) atau dihilangkan sama sekali. Kadang waktu tidur siang tidak teratur, bisa lama atau sebentar. Ini akan pengaruh pada rasa kantuk anak saat malam," jelas Vera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com