Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaiknya, Anak Tidur dengan Lampu Kamar Menyala atau Padam?

Kompas.com - 01/12/2014, 19:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –-Tentunya setiap orangtua pernah menghadapi kesulitan menidurkan anak, baik saat tidur siang atau malam hari. Kondisi ini sering membuat orangtua kesal atau bahkan menyerah menghadapi kelakuan si kecil yang susah untuk terlelap.

Sebelum menguraikan lebih detil, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah anak balita dan bayi membutuhkan tidur sebanyak 16 -20 jam per hari, lalu bayi berusia enam hingga satu tahun membutuhkan 11 jam tidur. Kemudian, setelah usia satu tahun ke atas, si kecil butuh tidur sebanyak 10 -13 jam.

Setiap anak memiliki cara masing-masing untuk dapat tertidur dengan nyaman. Suasana dan atmosfer kamar pun menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh orangtua agar sang buah hati dapat tidur dengan mudah, nyenyak, dan berkualitas.

Salah satu aspek di dalam kamar yang patut diperhatikan oleh orang tua adalah pencahayaan dalam kamar. Nah, pertanyaannya, apakah anak sebaiknya tidur dalam keadaan lampu kamar menyala alias terang benderang atau dalam kondisi padam?

Psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi., mengungkapkan, ada baiknya jika anak tidur dalam keadaan lampu yang redup dan memberi kesan pencahayaan temaram. Ini berlaku jika anak masih dalam tahap usia bayi, batita dan balita. Apa sih alasannya?

"Sebaiknya lampu diredupkan, karena ada anak yang takut gelap. Selain itu, dengan lampu yang temaram, orangtua juga dapat memperhatikan apakah anak sudah benar-benar tidur. Jadi, jika terjadi sesuatu, orang tua juga akan lebih mudah mengetahui karena kamar tidak dalam keadaan gelap," ujar Vera saat peluncuran Fisher Price Soothe & Glow Seahorse di Grand Indonesia Shopping Town, Kamis (27/11/2014).

Memang, suasana yang menenangkan bakal membantu anak-anak untuk tertidur dengan mudah. Namun, di sinilah letak kejelian dan kreativitas orangtua untuk menghadirkan suasana yang membuat buah hatinya tidak mengalami kesulitan dalam tidur.

Vera menjelaskan, mengatur pencahayaan pada saat memasuki waktu tidur anak sangat membantu dan bermanfaat. Meredupkan cahaya kamar dapat bermanfaat untuk merilekskan mata anak. Selain itu, dengan meredupkan cahaya kamar atau rumah setiap kali memasuki waktu tidur, lama-kelamaan anak terbiasa pada kondisi di mana  setiap cahaya lampu mulai redup di kamar atau rumah, itu berarti waktunya tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com