Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Perlu Waktu 1 Tahun untuk Percaya Diri Tampil Tanpa "Make Up" depan Pasangan

Kompas.com - 02/12/2014, 13:41 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Sebuah survei yang dilakukan terhadap perempuan dengan rentang usia 18-30 tahun mengungkapkan bahwa lebih dari setengah responden (54 persen) menolak memperlihatkan wajah mereka yang tanpa riasan pada pasangan. Survei mengatakan, mereka perlu waktu setidaknya satu tahun untuk berani tampil natural di depan pasangan.  

Namun, perbedaan yang sangat kontras terjadi terhadap setengah responden lain (51 persen) yang menyatakan bahwa mereka berani menunjukan seluruh bagian tubuh secara polos, meski baru 6 bulan berkencan.

Salah seorang narasumber bernama Lara Peterson (25), Nantwich, Cheshire, Inggris, termasuk yang tak percaya diri tampil tanpa riasan. "Kekasihku tak pernah melihatku dengan wajah polos tanpa make up selama lebih dari satu tahun. Aku tak pernah percaya diri dengan kulit wajahku sejak usia 15 tahun, dan mengalami masalah jerawat," ujar Peterson.

Dirinya juga mengakui meskipun mendeskripsikan dirinya sendiri sebagai pribadi yang percaya diri, tetapi tanpa peralatan “perang” riasan wajahnya, dia merasa gelisah dan hal tersebut sangat memengaruhi kepribadiannya.

"Sejak berusia 17 tahun, aku tak pernah membiarkan kekasihku melihat wajahku tanpa make up setidaknya sampai satu tahun berkencan. Aku akan panik jika mereka melihatku tak menarik tanpa tampilan wajah yang mulus seperti setelah di make up. Aku juga takut melihat ekspresi wajah mereka ketika mereka melihatku secara alami. Sampai saat ini aku selalu mengenakan waterproof maskara meskipun hari libur, dan tak pernah bermain air, karena aku takut “topengku” meleleh terkena air,".

Saat ini Peterson mengatakan, dia agak sedikit berubah setelah menjalani berbagai perawatan wajah seperti peeling dan laser yang memperbaiki kulit wajah bebas jerawatnya.

Maxine Flint, pemilik dari brand perawatan kulit Flint+Flint yang mengadakan penelitian ini berkomentar, "Kami terkejut menemukan begitu banyak perempuan yang merasa tak percaya diri dengan kulit wajahnya dan memilih menyembunyikannya dibalik riasan wajah dengan waktu yang sangat lama. Kami lebih siap menghadapi ketidakpercayaan diri terhadap bentuk tubuh ketimbang kulit wajah."

"Sangat memalukan bagi kita perempuan terlalu khawatir dengan diri kita, dan kami berharap Flint+Flint dapat mengembalikan kepercayaan diri yang hilang. Mereka semua mengatakan bahwa kulit wajah yang cantik itu sangat penting," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com