Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Inggris, Anda Akan Dibayar untuk Menghancurkan Celana Jeans

Kompas.com - 02/12/2014, 23:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour
WHO WHAT WEAR

KOMPAS.com –
Salah satu koleksi mode yang wajib dimiliki adalah celana jeans. Umumnya, orang-orang memiliki jeans favorit dan tidak ragu untuk dikenakan berkali-kali hingga lusuh karena sering dicuci.

Bagi pecinta mode, celana jeans sudah seperti koleksi “keramat” yang menawarkan kasualitas serta kenyamana. Namun, sebuah perusahaan di Inggris, Hiut, justru merekrut pegawai yang bertugas menghancurkan celana jeans.

"Delapan bulan lalu, kami mengirim celana jeans ke 50 orang karyawan untuk dihancurkan. Idenya adalah mereka mengenakannyauntuk kami dan kemudian kami jual," ujar David Hiett, pimpinan perusahaan Hiut.

Lebih lanjut, Hiett menjelaskan, pada prinsipnya, Hiut menghancurkan celana jeans untuk konsumen. Memang apa yang dilakukan perusahaan ini menurut Hiett adalah sebuah eksperimen. "Tapi, sejauh ini baik-baik saja," ungkap Hiett.

"Ketika saya mengembalikannya, celana jeans itu tentu saja bau sekali. Saya mengenakannya setiap hari selama enam bulan. Serius," ujar "karyawan" Hiut, Cameron Stewart, yang mengaku memiliki pekerjaan paling keren di dunia.

"Saya bersepeda ke kantor setiap hari. Saya berlatih rugbi mengenakan celana itu. Celana jeans itu basah dan terpapar udara dingin, sehingga sering digantung dan dikeringkan di atas radiator. Suatu hari ketikan cuaca bersahabat dan hangat, saya pergi ke pantai mengenakannya," jelas Stewart.

Sebelum diberikan celana jeans baru, Stewart mengaku dirinya harus membayar deposit. Kemudian, dia akan memperoleh 20 persen dari penjualan celana jeans bekas yang berhasil dijual.
Perusahaan yang menjalankan bisnis semacam ini pun bermunculan, salah satunya APC. Perusahaan ini meluncurkan program Butler, yang menerima celana jeans yang telah usang dengan memberikan celana baru seharga setengah harga kepada pemilik asli.

"Celana jeans yang usang secara alami dan seiring berjalan waktu akan menimbulkan motif dan bentuk yang menarik. Pada akhirnya, celana jeans usang akan kembali baru seperti siklus yang terus begitu " tulis APC pada laman resminya.

Celana jeans yang sudah usang ini tentu saja memiliki instruksi pencucian yang berbeda, yakni dengan metode dry clean dan harus dicuci dengan tangan. Lalu, jika terpaksa mesti dicuci dalam mesin, maka gunakan air dingin dan hindari menerapkan metode spin cycle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com