Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Hanya Perempuan Cantik dan Kurus yang Layak Jadi Pramugari?

Kompas.com - 03/12/2014, 07:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu profesi yang memberikan kesan glamour dan menyenangkan adalah pramugari. Bagaimana tidak? Seorang pramugari bisa bekerja sembari keliling dunia dan mengunjungi berbagai situs berpanorama menawan.

Namun, melihat penampilan umum para pramugari sedari dulu, tidak berlebihan jika akhirnya tercipta kesimpulan bahwa seorang pramugari mesti memiliki penampilan fisik bak seorang model, alias tinggi dan langsing. Benarkah demikian?  

Pramugari memang selalu identik dengan perempuan bertubuh kurus, tinggi, langsing, dengan paras cantik. Mengenai kualifikasi fisik ini, dalam seminar bertema How To Be a Cabin Crew bersama Binus Online Learning, Marintan, seorang founder dari forumpramugari.com sekaligus pramugari maksapai penerbangan yang berbasis di Saudi Arabia, mengatakan bahwa memang benar rata-rata maskapai penerbangan menentukan minimal tinggi, dan minimal umur dalam proses penerimaan pramugari. Namun, soal berat badan, tidak ada ketentuan yang baku asalkan proporsional dengan tinggi tubuh.

"Maskapai domestik biasanya menentukan umur minimal 18 tahun, sedangkan maskapai luar biasanya minimal 21 tahun," ujar Marintan.

Lalu, rata-rata menetapkan syarat tinggi badan di angka minimal 160 sentimeter. Namun, menurut Marintan, ada pula beberapa maskapai penerbangan, khususnya domestik yang memiliki standar minimal 158 sentimeter.

Marintan mengatakan, sesungguhnya bukan hanya fisik yang membuat seseorang dikatakan layak atau tidak layak pramugari. Faktor utama yang paling mempengaruhi adalah sikap dan etika bersosialisasi. Sebab, meskipun paras canttik, tubuh tinggi, tetapi perilaku yang buruk, maka pastinya tidak akan diterima oleh maskapai penerbangan.

"Ini adalah industri pelayanan, yang bertemu banyak orang. Jadi, sangat penting untuk memiliki sikap yang baik," imbuhnyua

"Jangan pernah takut dengan requirement, harus cantik, harus  ganteng, yang penting sehat. Kita tidak akan pernah tahu, siapa recruiter di hari kita melamar,” pungkasnya kepada para peserta seminar yang mayoritas anak-anak muda dengan impian menjadi pramugari dan pramugara maskapai penerbangan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com