Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Pilih Kemeja yang Tepat untuk Pria Bertubuh Pendek

Kompas.com - 08/12/2014, 09:43 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Bagi pria, kemeja adalah salah satu koleksi utama yang wajib punya. Sebab, kemeja dapat dikenakan untuk acara formal maupun semi-formal.

Pria yang memiliki ukuran tubuh dan tinggi normal boleh berbahagia saat memilih kemeja, tetapi bagi pria yang memiliki tinggi di bawah rata-rata, memilih kemeja bisa jadi aktivitas yang menyebalkan. Salah pilih, kemeja bisa berakhir telalu longgar, atau sebaliknya terlalu ketat di tubuh. Berikut ini adalah tips memilih kemeja yang tepat bagi pria yang memiliki tinggi tubuh dibawah rata-rata dari Jaden Lam, desainer sekaligus pendiri dari JadenLam.com.

Ukuran (S) bukan berarti selalu berukuran kecil
Lam mengatakan, meskipun label kemeja bertuliskan small atau extra small, bukan berarti ukurannya kecil. Sebab, masing-masing desainer memiliki ukuran yang berbeda antara ukuran tubuh pria medium atau small. Penting bagi para pria untuk mengetahui ukuran tubuhnya Untuk pria yang memiliki tinggi dibawah rata-rata, Lam menyarankan kemeja slim atau athletic
biasanya berfungsi dengan baik. Ada banyak jahitan, dan hal tersebut menampilkan garis lurus antara atasan dan bawahan.

Detail penting saat mencari kemeja
Pria berukuran tubuh pendek atau memiliki tinggi di bawah rata-rata ada baiknya memperhatikan bagian kerah. Kerah yang makin pendek ukurannya berarti makin baik (dibawah 3 inchi). Kemudian, pilihlah kemeja dengan bahu ramping, jahitan yang tidak melampaui tulang bahu, lengan baju yang lebih tinggi, dan bagian pinggang yang meramping. Jika ingin kemeja tak dimasukan ke dalam celana, bagian bawah kemeja harus jatuh di pertengahan risleting, dan bagian belakang tepat di bawah saku celana bagian belakang. Hal ini dapat menciptakan efek tubuh yang terlihat rapi dan tubuh lebih tinggi.

Aksesori busana yang tepat
Lam menyarankan, bagi pria memiliki tinggi di bawah rata-rata harus menghindari dasi dan ikat pinggang yang terlalu panjang dan lebar. Belilah ikat pinggang yang berukuran 2 inchi lebih dari ukuran pinggang, dan berwarna netral yang dapat dengan mudah dipadupadankan pada pakaian dan celana. Untuk dasi, pilihlah dasi yang berukuran lebih pendek (55 inchi) dengan lebar sekitar (2,5 ichi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com