Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur dengan Lipstik Sebabkan Bibir Kasar dan Pecah-pecah

Kompas.com - 09/12/2014, 16:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com – Usai seharian beraktivitas, Anda pun pulang dalam keadaan lelah, sehingga untuk membersihkan wajah pun rasanya sungguh malas. Alhasil, pilihan untuk langsung istirahat dan tidur pun lebih menggoda dibandingkan cuci muka dan membersihkan riasan wajah.


Sebenarnya, apakah ada efek samping bila kita lupa membersihkan make-up dan langsung tidur? "Jika Anda tidur dengan make-up masih menempel di wajah, maka semakin besar pula kerusakan yang dialami kulit Anda," ujar Jeanette Graf PhD, Asisten Profesor Dermatolog di Mount Sinai Medical Center, New York, Amerika Serikat.

Menurut dr Graf, malam hari adalah saat di mana sel kulit beregenerasi. Jadi, kehadiran make-up dan alas bedak (foundation) yang masih menempel di wajah, membuat proses regenerasi kulit jadi terhambat, sehingga mengakibatkan kerusakan kulit wajah.

Dr Graf menyatakan, benar jika semakin sering Anda tidur dengan masih menggunakan make-up, maka semakin rusaklah kulit Anda. "Sekalipun jarang, dampak negatif akan tetap ada," ungkap dia.

Untuk membuat Anda semakin jelas akan masalah ini, dr Graf menjabarkan masing-masing dampak yang ditimbulkan oleh produk kosmetika yang masih menempel saat Anda tidur.  Salah satunya adalah jika Anda masih menggunakan foundation saat tidur, Anda akan mudah berjerawat.

"Foundation sangat tebal. Partikel dan pigmen yang melebar terpapar sepanjang hari dengan bakteri, polutan dari luar. Ini dampat menyebabkan menurunnya kolagen yang menyebabkan kerutan di wajah dan pori-pori yang terbuka dan menempelnya bakteri yang berakibat timbulnya jerawat," jelas dr Graf.

Bagaimana jika Anda tidur dalam keadaan masih memakai lipstik? Menurut dr Graf, tidur dengan menggunakan lisptik jenis apapun akan membuat bibir Anda kering, kasar, dan pecah-pecah. Dr Graf menyarankan Anda untuk membersihkan bibir dari lipstik dengan menggunakan kain pembersih sebelum tidur. Kemudian, aplikasikan pelembab bibir untuk membuat bibir tetap lembab dan tidak pecah-pecah.

Nah, jika Anda kerap lupa menghapus maskara sebelum tidur, mata Anda pun bisa menjadi korban. Partikel maskara bisa menyumbat bagian folikel, yakni semacam bagian tumbuhnya bulu mata dan mengganggu kulit di area mata. Pada beberapa kasus menyebabkan iritasi dan bintilan.

"Jika terjadi iritasi, maka mata akan mengalami pembengkakan dan konjungtivitis yang membahayakan. Selain itu, bulu mata Anda juga menjadi rapuh dan mudah patah," sebut dr Graf.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com