Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Penelitian, Umumnya Hubungan Cinta di Kantor Berujung pada Pernikahan

Kompas.com - 11/12/2014, 12:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com — Siapa pun tidak bisa memprediksi ke mana panah asmara membidik, bisa pada siapa saja dan di mana saja. Salah satu tempat jatuh cinta yang paling berpotensi terjadi adalah kantor. Sebab, tentu saja, Anda banyak menghabiskan waktu di sana. Alhasil, benih-benih cinta pun tumbuh seiring waktu. Berikut uraian mengenai apa saja yang harus Anda perhatikan jika berhubungan cinta dengan rekan kerja satu perusahaan:

1. Perhatikan peraturan perusahaan
Ada perusahaan yang mengizinkan hubungan asmara di kalangan pegawainya, ada pula yang melarang. Namun, Anda harus sadar bahwa setiap perusahaan memiliki kebijakan dan peraturan masing-masing tentang ini. "Hubungan percintaan di kantor biasanya gagal karena masalah kerahasiaan," ujar Richard Isham, seorang pengacara di Wedlake Bell Associates, seperti dikutip dari DailyMail.

Beberapa perusahaan khawatir jika hubungan percintaan di kantor akan menyebabkan bocornya rahasia perusahaan. Selain itu, ada pula perusahaan yang khawatir jika para pegawainya berpacaran, maka lingkungan kerja akan terganggu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan pacaran dengan rekan kerja, ada baiknya Anda membaca kembali peraturan perusahaan Anda.

2. Hindari perselingkuhan
Tinggalkanlah pasangan Anda jika ternyata si dia sudah beristri. Jangan lupa, sang istri bisa saja mengetahui hubungan yang dijalin antara Anda dan suaminya. "Tidak ada salahnya berhubungan dengan seseorang, tetapi jika ada orang lain atau keluarga yang juga terlibat di dalamnya, Anda harus benar-benar memikirkan konsekuensinya," kata psikoterapis Phillip Hodson.

3. Umumkan atau rahasiakan?

Rasanya tidak nyaman jika hampir seisi kantor mengetahui hubungan Anda dengan si rekan kerja. Jika Anda tidak mau terus-menerus menjadi bahan perbincangan, sebaiknya pilihlah agar hanya teman-teman terdekat di kantor yang mengetahui hubungan Anda. Selain itu, jika rekan kerja mengetahui hubungan Anda, tidak menutup kemungkinan akan ada pihak lain yang cemburu, lho.

4. Jaga sikap dan penampilan
Jangan bersikap dan berpenampilan secara berlebihan untuk menarik perhatian kekasih Anda di kantor. Hindarilah memakai tata rias menor atau busana yang terbuka. Sebab, selain bakal memicu kecurigaan rekan-rekan kerja Anda, penampilan yang demikian juga kurang pantas. Nah, jika Anda tidak ingin ini terjadi, bersikaplah sewajarnya.

5. Dapatkah berujung pada pernikahan?
Berdasarkan sebuah penelitian, setengah dari jumlah hubungan percintaan yang terjadi di tempat kerja berujung pada pernikahan. Ini bisa saja terjadi pada Anda. Nah, tidak ada salahnya berdiskusi dengan pasangan tentang keseriusan dan kejelasan hubungan yang dijalin saat ini.

Sebaiknya, pastikan lagi apakah dia serius atau hanya ingin bermain-main. "Menjalani hubungan percintaan di tempat kerja sangat rentan. Jika Anda tidak ingin mempertaruhkan karier, pertemanan, dan mata pencarian Anda, pastikanlah dia orang yang tepat," saran Hodson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com