Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh... Wanita kok Kumisan, Ini Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 14/12/2014, 18:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Pria memiliki kumis bukan sebuah hal yang aneh, tapi kalau wanita memiliki bulu halus di atas bibir menyerupai kumis, rasanya terlihat aneh dan lucu. Namun demikian, ada banyak cara yang bisa ditempuh para wanita untuk menghilangkan bulu halus yang menyerupai kumis ini, asalkan tahu penyebab munculnya "kumis" itu.

Menurut dermatolog David Bank MD, wanita yang "berkumis" sebaiknya mencari tahu apakah proses menghilangkan bulu halus tersebut akan berpengaruh pada masalah hormon. Oleh karena itu, dr Bank menyarankan Anda juga berkonsultasi pada dokter spesialis endrokinologi. Sebab, bulu halus juga dapat muncul karena faktor hormonal.

Selain itu, faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab munculnya bulu halus di area bibir atas pada wanita. Jika di antara keluarga Anda ada yang memiliki masalah serupa, maka tak diragukan "kumis" ini muncul karena keturunan. "Sebelum mengambil tindakan apapun untuk menghilangkan bulu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui faktor mana yang menyebabkan bulu itu muncul," ujar dr Bank.

Nah, ada beberapa metode yang lazim digunakan untuk menghilangkan "kumis" pada wanita. Apa sajakah? Berikut uraian singkatnya.

1. Metode laser
Beberapa metode laser, seperti laser Dioda, sangat efektif untuk mengurangi tumbuhnya rambut. Namun demikian, metode laser tidak bisa dilakukan hanya sekali. "Laser bekerja dengan fokus pada pigmen melanin di rambut dan tempat tumbuhnya rambut. Sayangnya, butuh beberapa kali perawatan untuk mencapai 80 hingga 90 persen pengurangan (pertumbuhan rambut)," jelas dr Bank.

Selain itu, laser juga memiliki efek permanen karena metode ini mengubah kualitas dan tekstur rambut. Rambut baru yang tumbuh diameternya akan lebih tipis dan warnanya lebih cerah. Selain itu, ada pula risiko iritasi kulit.

2. Waxing
Waxing adalah metode yang paling mudah dan cepat, namun juga bisa sedikit menyakitkan. Metode ini cocok untuk hasil jangka pendek karena langsung mencabut rambut hingga ke akarnya, akan tetapi Anda bisa mengalami iritasi ringan.

3. Mencukur
Metode ini adalah jenis yang paling tidak menyakitkan karena mudah, cepat, dan bisa dilakukan di mana saja. Namun, menurut dr Bank, cara ini harus dilakukan berulang-ulang dan dapat menyebabkan rambut  pertumbuhan rambut semakin aktif dan mengakibatkan iritasi kulit bagi Anda si kulit sensitif.

"Yang harus diketahui adalah cara ini hanya menghilangkan rambut sampai ke permukaan kulit dan tidak mencabut keseluruhan. Inilah mengapa cara ini harus dilakukan berulang kali," imbuh dr Bank.

4. Cabut bulu
Mencabut dengan menggunakan pinset dapat Anda lakukan jika bulu yang tumbuh hanya beberapa helai. "Anda dengan mudah dapat melakukannya dengan pinset, lalu mencabut bulunya. Cara ini mudah, efisien, tidak akan membuat iritasi kulit," ujar penata rias selebritis, Ramy Gafni.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com