Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Membuktikan, Perempuan Ternyata Tak Ingin Tampil Muda

Kompas.com - 16/12/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com –
Sudah bukan sebuah misteri bahwa wanita memiliki ambisi ingin selalu terlihat lebih muda dan menawan. Namun, sebuah penelitian menyatakan hal yang sebaliknya.

Sebuah penelitian yang dihelat oleh Juvederm Facial Filler Maker, Allergan, mengatakan bahwa banyak wanita yang tak ingin menghilangkan garis-garis keriput di wajah mereka. Sebab, faktanya ketika perempuan diberi kesempatan untuk mengubah penampilan  mereka menjadi lebih muda, kebanyakan perempuan tak menginginkan hal tersebut. Tercatat hanya 20 persen perempuan yang mengatakan mereka ingin terlihat lebih muda.

Penelitian ini mengumpulkan sekelompok perempuan yang berusia 50-an untuk mengetahui seberapa besar keinginan mereka menghilangkan kerutan di wajah. Selama eksperimen, kelompok perempuan ini difoto. Kemudian, hasil foto tersebut diedit menjadi lebih muda, dengan tingkat yang berbeda-beda.

Juliet Keeble (51) salah satu dari responden mengatakan, "Aku rasa Anda tidak merasakan perbedaan sekarang dengan apa yang kau perbuat di usia 20-an. Itu seperti melihat gambaran yang kau lihat di cermin. Kita merasa masih ingin terlihat menarik,".

Lalu, Jane Charles (54), responden lainnya berkomentar, "Aku ingin terlihat lebih muda, tapi tidak terlalu muda, itu konyol,".

Dalam penelitian tersebut hampir seluruh perempuan mengatakan bahwa tampilan yang mereka inginkan hanyalah menghilangkan sedikit kerutan. Hal ini diperkuat oleh hasil pengumpulan suara dari masyarakat. Sebanyak 63 persen dari 2.000 perempuan mengatakan bahwa foto para peserta tampak lebih baik dengan “aksesori” alami berupa keriput halus pada wajah.

"Hal paling menarik adalah perempuan modern saat ini tidak ingin terlihat lebih muda. Mereka hanya ingin terlihat cantik di usia mereka. Semua perempuan yang ikut serta dalam tes ini menunjukan hal tersebut. Mereka hanya ingin memperhalus keriput, tetapi mereka masih ingin terlihat seperti diri mereka yang sebenarnya," ujar Honey Langcaster-James, Behavioural Psychologist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com