Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Indonesia Bakal Kenakan “Borobudur” Seberat 20 Kilogram di Ajang Miss Universe

Kompas.com - 18/12/2014, 11:40 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Salah satu agenda wajib dalam rangkaian kontes kecantikan Miss Universe adalah kompetisi national costume. Pada tahapan ini, setiap kontestan bakal mengenakan busana nasional yang merepresentasikan ciri khas negara masing-masing. Tahun depan, Puteri Indonesia, Elvira Devinamira akan menampilkan kostum yang terinspirasi dari salah satu keajaiban dunia di Indonesia, Candi Borobudur.

Kali ini, Yayasan Puteri Indonesia menggandeng kembali perancang bernama Dynand Fariz. Perancang asal Jember sekaligus “motor” dari Jember Fashion Carnaval ini mengusung tema “The Chornicle of Borobudur” untuk Elvira.  Dynand merupakan perancang yang dulu menciptakan kostum reog Whulandary Herman yang berhasil menyabet posisi ke-4 pada 10 kostum nasional tebaik pada ajang Miss Universe 2014 silam.

Kostum Borobudur yang akan diboyong oleh Dynand tersebut dengan tepat merefleksikan kemegahan candi Budha terbesar yang berlokasi di DIY Yogyakarta. Didominasi oleh warna abu-abu, seperti warna candi borobudur, dan bertahtahkan bebatuan permata, lempengan emas, serta rantai perak yang tentunya semua imitasi. Adapun kostum ini memiliki berat 20 kilogram.

Pada acara Pelepasn Puteri Indonesia ke Miss Universe 2015, di Taman Sari Royal Heritage Spa, Rabu (18/12/2014) kemarin. Elvira memeragakan kostum candi tersebut di hadapan para media. Seiring musik, Elvira pun melenggang menggerakan tubuh sesuai irama. Gerakan tubuh tersebut, menurut Elvira, bukan tanpa alasan. Tujuannya untuk menahan kostum yang berat, di mana pada punggung Elvira akan tertempel bes dengan rangka stupa borobudur sepanjang dua meter, dan mencapai lima kilogram.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com