Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu dari Rambut Manusia, Seksi atau Menjijikkan?

Kompas.com - 19/12/2014, 14:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Seorang seniman asal Tiongkok, Zhu Tian, menampilkan sebuah karya seni dari sepatu hak tinggi. Namun, bukannya menggunakan material dan bahan umum, seperti kulit, plastik, atau beludru, Zhu Tian alih-alih memilih rambut asli manusia yang ditempelkan pada sepatu berbahan karet, tetapi sekilas pandang mirip kulit manusia.

"Ini adalah proyek spesial yang dipimpin oleh majalah Elle terbitan Tiongkok untuk merayakan ulang tahun ke-25 mereka," ujar Zhu Tian kepada Huffington Post.

"Majalah Elle mengundangku untuk mengerjakan sepasang sepatu stiletto Dior, kemudian aku tertantang untuk membuat sepatu yang seksi, dengan hak tinggi, dan menerapkan budaya kontemporer. Apakah mereka benar-benar seksi, atau kita yang menyebut sepatu tersebut seksi?” imbuhnya.

Besar harapan Zhu bahwa karyanya ini bisa diapresiasi dan dihargai dengan pandangan yang obyektif oleh para pencinta seni dan mode. Zhu menambahkan, stiletto yang mirip dengan tekstur daging manusia serta bertaburan rambut asli manusia ini dibuat untuk mendobrak stereotipe dari sepatu feminin pada umumnya.

Bagaimana menurut Anda, apakah betul sepatu dengan rambut manusia asli ini seksi, atau justru sebaliknya, terlihat menjijikkan?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com