Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Ibu Bisa dengan Mudah Menebak Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan

Kompas.com - 21/12/2014, 14:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Umumnya saat wanita mengandung pasti memiliki rasa penasaran mengenai jenis kelamin janin dalam kandungan. Selain mencari tahu lewat ultrasonografi (USG), ada cara-cara unik lain yang ditempuh untuk mengetahui jenis kelamin bayi.


Sebuah studi observasional yang dipublikasikan dalam PLOS ONE mendeteksi 68 juta kelahiran selama 23 tahun. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang berat badannya tidak terlalu banyak bertambah selama masa kelahiran cenderung akan melahirkan bayi perempuan. Sebanyak 51 persen bayi yang lahir dari ibu yang berat badannya bertambah kurang dari 10 kilogram selama hamil akan melahirkan bayi perempuan.

Namun, bukan berarti bahwa menghindari kenaikan berat badan selama menjalani masa kehamilan akan berujung pada kemungkinan melahirkan bayi perempuan. Sebab, beberapa hal bisa memengaruhi jenis kelamin bayi yang akan dilahirkan mulai dari genetika hingga keberuntungan.

Menurut hasil penelitian, jumlah kenaikan berat badan yang terjadi selama menjalani masa kehamilan dapat memprediksi hal tersebut. Tercatat setidaknya 51 persen bayi yang lahir dari ibu yang mengalami banyak kenaikan berat badan berjenis kelamin laki-laki.

Para peneliti belum sepenuhnya dapat menjelaskan kaitan antara kenaikan berat badan dengan kemungkinan melahirkan bayi laki-laki atau perempuan. Namun, mereka menemukan bahwa para ibu yang mengalami kenaikan berat badan yang sedikit cenderung akan melahirkan bayi perempuan ketimbang bayi laki-laki.

Salah satu alasannya adalah karena sebelum lahir, laki-laki memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Artinya, mereka membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karenanya, menurut para peneliti, akan sulit bagi para ibu jika mereka mengonsumsi makanan dengan kalori yang tidak mencukupi selama masa kehamilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com