Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Cara Mudah Merawat Jaket Kulit yang Kena Tumpahan Air

Kompas.com - 22/12/2014, 16:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Jaket kulit adalah salah satu koleksi busana yang banyak digemari, baik oleh kaum pria maupun wanita. Namun, banyak anggapan bahwa merawat jaket kulit cenderung sulit. Sebenarnya, bagaimana cara praktis dan mudah dalam merawat jaket kulit kesayangan?

Jika Anda kehujanan saat mengenakan jaket kulit atau jaket kulit Anda ketumpahan air minum, jangan langsung mengeringkannya dengan menggunakan pengering. Sebab, cara yang demikian dapat menimbulkan efek panas dan bahan kulit akan rusak saat terpapar panas secara langsung.

Sebaiknya, biarkan air yang membasahi jaket kulit Anda kering dengan sendirinya. Gantung jaket kulit Anda di tempat di mana angin berhembus. Dengan demikian, air akan mengering secara alami tanpa harus merusak jaket kulit kesayangan.

Apabila Anda tidak sengaja menumpahkan tinta ke jaket kulit Anda, jangan khawatir noda tersebut akan susah hilang. Anda bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan noda tinta yang mengotori jaket kulit Anda. Lalu, gunakan kain katun berwarna putih dan usapkan dengan lembut. Sebab, jika tidak, warna jaket kulit dikhawatirkan bakal memudar.

Ingat, jangan menggunakan kain berwarna karena bisa menyebabkan luntur dan menempel pada jaket kulit.

Namun, cara tersebut di atas, jangan diaplikasikan pada jaket berbahan suede. Sebaiknya, bawalah jaket Anda ke binatu untuk dibersihkan dengan metode dry cleaning.

Jika sudah cukup lama dan sering dikenakan, kemungkinan jaket kulit Anda mengeluarkan bau dan bisa menjadi sarang bakteri. Untuk menghilangkan bau dan membunuh bakteri, masukkan jaket Anda ke dalam kantong plastik secara tertutup dan simpan di dalam lemari pendingin atau freezer semalaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com