Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas… Jangan Sembarang Pakai Maskara, Simak 10 Kiat Berikut Ini

Kompas.com - 22/12/2014, 19:30 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Maskara dapat menggenapi dan menambah daya tarik riasan mata seorang wanita. Jadi, jangan heran terhadap sejumlah wanita yang tidak percaya diri untuk keluar rumah tanpa pulasan maskara di mata mereka. Sebab, mata yang dirias menggunakan maskara yang tepat memang tampak lebih bersinar dan menawan.

Namun, meski mengaku “candu” pada produk maskara, tak sedikit wanita yang tidak mengetahui dengan benar soal memilih maskara yang tepat dan cara mengaplikasikannya sesuai bentuk mata. Nah, berikut ini uraian menggunakan dan menyeleksi produk maskara yang benar, seperti diutarakan oleh Christina Kazadzis, pemilih Touch of Color Airbrush Makeup Artistry:

1. Jangan “memompa” maskara dengan gerakan keluar masuk. Sebab, cara yang demikian bisa membuat isi maskara cepat kering.

2. Terlepas dari isi maskara masih banyak atau tidak, sebaiknya buang dan jangan gunakan maskara yang telah “berusia” tiga bulan. Sebab, jika tidak, maskara tersebut bakal menjadi sarang bakteri. Tentunya, jika Anda masih “nakal” menggunakannya bisa berisiko tinggi pada kesehatan mata.

3. Untuk riasan wajah yang sempurna dan bertahan sepanjang hari, maka maskara waterproof merupakan pilihan terbaik. Namun, Anda perlu tahu bahwa jenis maskara ini susah untuk dibersihkan meskipun telah menggunakan pembersih kosmetik paling inovatif, tetap saja masih bakal ada sisa partikel yang menempel di bulu mata hingga berhari-hari.

4. Cara mengaplikasikan maskara paling benar adalah diawali dengan pulasan dari dasar garis bulu mata hingga ke bagian paling luar. Kemudian, untuk menimbulkan efek tebal, pulaskan dengan metode serupa dalam gerakan lebih cepat sebanyak tiga kali.

5. Seperti yang disebutkan di atas, untuk menebalkan bulu mata, maka pulaskanlah maskara sebanyak tiga kali. Namun, perlu Anda ingat, sebelum memulaskan kedua dan ketiga kali, tunggu hingga pulasan pertama mengering. Tujuannya untuk menghindari gumpalan di setiap helaian bulu mata.

6. Jika ingin memanjangkan bulu mata, cara pulaskan maskara sebanyak dua kali dengan perlahan dan sedikit diberi tekanan. Lalu, saat tiba di bagian ujung luar bulu mata, gerakan maskara dengan sedikit melekung untuk menciptakan tampilan yang lebih lentik.

7.  Untuk bulu mata bagian bawah, gunakan ujung sikat maskara secara lembut. Jika Anda takut dan tidak percaya diri, lakukan dengan maskara khusus bulu mata bagian bawah yang memiliki kuas mini untuk menyempurnakan riasan wajah Anda.

8. Menggunakan sisir bulu mata adalah cara yang bagus untuk menghindar bulu mata yang menggumpal.

9. Jangan takut maskara berwarna. Sebab, maskara berwarna terbilang mujarab dalam memberikan hasil akhir mata yang berbinar-binar.

 10. Gunakan pengeriting bulu mata. Melentikan bulu mata dengan penjepit khusus membuat pulasan maskara berakhir lebih tebal dan lentik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com