Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2014, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com – Mana yang lebih baik, bayi tidur di ranjang sendiri atau bersama orangtua? Tak bisa dimungkiri, lokasi tidur bayi acap kali jadi perdebatan serius antarorangtua. Untuk mempermudah pilihan Anda, berikut beberapa alasan mengapa tidur sendiri lebih memberikan manfaat positif pada bayi.

1. Menenangkan diri sendiri
Salah satu alasan mengapa bayi lebih baik tidur di ranjang sendiri adalah mengembangkan kemampuan mereka untuk menenangkan diri sendiri agar tertidur lelap. Sebab, jika tidur seranjang dengan orangtua, membuat bayi terbiasa ditimang orangtua agar bisa tertidur. Hal ini tentunya merepotkan, apalagi bagi orangtua yang masih memiliki anak balita.

2.Meningkatkan kepercayaan diri bayi
Bayi yang tidur di ranjangnya sendiri, akan terbiasa untuk mendapatkan tidur berkualitas dalam waktu singkat tanpa perlu kehadiran orang tua. Namun, sebelum meninggalkan bayi sendiri di ranjangnya, orangtua mesti teliti memerhatikan dan memastikan keamanan sang buah hati selama terlelap.  

3. Membiasakan mandiri
Sebenarnya, kurang baik membiasakan anak tertidur dengan orangtua semenjak bayi. Sebab, saat mereka dewasa, anak jadi kurang mandiri.

4. Menjaga hubungan antar suami istri tetap hangat
Saat bayi tidur di ranjang orangtua setiap mala, tentunya hal ini bisa mengganggu intimasi antara suami dan istri. Idealnya, kala bayi menginjak usia empat hingga enam minggu lebih baik tidur di ranjang sendiri.

5. Menghindari bahaya yang tak disadari       
Saat tertidur, banyak orang dewasa yang tak menyadari gerakan tubuhnya. Inilah yang paling ditakutkan saat bayi tidur di ranjang yang sama dengan orangtua, yakni anak tertimpa tubuh orangtua atau lilitan selimut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com