Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati... Sarung Bantal Bisa Sebabkan Rambut Rontok dan Ketombe

Kompas.com - 02/01/2015, 20:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Redbook


KOMPAS.com –
Wanita mana yang tidak ingin memiliki rambut indah dan sehat. Rasanya, hal tersebut merupakan keinginan hampir seluruh wanita di dunia yang mawas dalam berpenampilan.

Alhasil tak sedikit wanita yang rela meluangkan waktu untuk mendapatkan perawatan rambut terbaik, padahal masalah kerontokan dan ketombe juga bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk. Seperti uraian berikut ini:

Salah sarung bantal
Rasanya, tidur di atas ranjang berlapiskan sutra hanya dilakukan oleh aktor dan aktris dalam film. Sebab, kenyataannya tidak semua wanita “tega” menggunakan seprai sutra untuk aktivitas tidur sehari-hari. Namun, usai membaca uraian ini, semoga Anda mempertimbangkan untuk selalu menggunakan seprai berbahan satin atau sutra. Sebab, kain katun bisa menyebabkan rambut Anda rontok dan susah diatur. Maka dari itu, jika enggan menggunakan seprai sutra atau satin, cobalah untuk membungkus rambut dengan scarf satin atau sutra.

Tidak menggunakan kondisioner
“Banyak klienku yang malas menggunakan kondisioner karena tidak ingin rambutnya lepek, padahal itu berarti produk yang digunakan tidak tepat dengan jenis dan kebutuhan rambut,” ujar Lori Zabel, seorang penata rambut dari Dop Dop Salon, Amerika Serikat. “Kondisioner sangat baik dalam menutrisi rambut. Tidak menggunakannya, sama seperti tidak mengaplikasikan pelembab pada wajah Anda, membuat kulit kusam dan kering,”.

Apabila kondisioner membuat rambut Anda rapuh dan lepek, sebaiknya cari produk yang berformula ringan lalu pulaskan pada ujung rambut kemudian bilas hingga bersih agar kondisioner tidak meninggalkan sisa residu pada rambut Anda.

Keseringan mengikat rambut
“Mengikat rambut dengan posisi terlalu ke atas membuat kekuatan rambut menurun dan bisa menyebabkan rambut rontok,” ujar penata rambut, Julien Farel. “Jangan terlalu sering mengikat rambut, biarkan rambut Anda terurai, karena selain terlihat lebih seksi, ini membuat akar serta kulit kepala memiliki banyak ruang untuk bernapas,”.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Redbook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com