Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tindakan Preventif yang Harus Dilakukan Orangtua saat Bayi Mulai Merangkak

Kompas.com - 04/01/2015, 09:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Salah satu momen terbaik menjadi seorang ibu adalah menyaksikan segala hal yang dilakukan oleh sang buah hati untuk kali pertama. Nah, merangkak merupakan proses awal bayi untuk melangkah berjalan.

Apabila bayi Anda telah mulai merangkak, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memberikan ruang agar bayi lebih leluasa dan tentu saja menjaga keselamatannya. Ayo simak beberapa kiat berikut ini:

Singkirkan barang berbahaya
Simpan semua barang yang tajam, pecah belah, dan berpotensi membahayakan bayi saat dirinya tengah merangkak. Selain itu,  tutup semua lubang listrik dengan alat pengaman, dan letakan perabotan berbahaya seperti benda  tajam ke tempat yang lebih tinggi. Sebab, bayi gemar meletakkan segala hal yang tergenggam oleh tangannya ke dalam mulut.

Jangan pernah tinggalkan bayi Anda di atas ranjang
Selalu dampingi bayi anda saat sedang berada di atas ranjang, terutama jika bangunannya tinggi dan memiliki sudut taja. Saat bayi sedang belajar merangkak, biasanya jadi lebih banyak bergerak dan berusaha mencari permukaan yang lebih datar. Nah, ini bisa berdampak buruk bila si kecil merangkak dan melewati batas ranjang.

Pastikan ranjang bayi Anda aman
Umumnya ranjang bayi dirancang dengan level tinggi yang bertahap dan bisa diatur. Untuk itu, aturlah batas ranjang bayi dengan tinggi yang melebihi bayi Anda dan pastikan untuk mengaturnya dengan kencang serta kokoh.

Jangan terlalu overprotective
Hal yang wajar jika seorang ibu memiliki kekhawatiran berlebihan saat bayi sudah mulai merangkak dan aktif bergerak. Namun, jangan melulu memegangi bayi Anda karena dapat menghambat perkembangan geraknya. Sebaliknya, damping bayi untuk lebih banyak mengeksplorasi gerak tubuh dengan cara mengajaknya bermain di luar demi menstimulasi syaraf motorik pada tubuhnya.

Jaga kebersihan lantai
Ketika bayi Anda belajar merangkak, maka Anda tak boleh membiarkan lantai rumah kotor dan berdebu. Tujuannya untuk menghindari si kecil terpapar bakteri atau virus yang bertebaran di lantai.  

Bantu bayi berjalan
Tegakkan tubuh bayi Anda dan pegang kedua tangannya. Bantu dia untuk belajar berjalan ketika sudah mulai merangkak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com