Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Hidup Tanpa Kopi dan Makanan Manis, Ini Solusinya

Kompas.com - 04/01/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Melepaskan diri atau mengurangi kebiasaan yang rutin kita lakukan setiap bukan sesuatu yang mudah. Salah satunya adalah hobi mengonsumsi makanan dan minuman favorit. Jika Anda biasa memulai hari dengan segelas kopi, tentu akan sulit sekali untuk menghentikannya. Lalu, bagaimanakah cara untuk mengurangi “kecanduan” terhadap jenis makanan atau minuman yang kurang baik untuk tubuh?

Menurut para ahli, kecanduan Anda terhadap minuman tertentu dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebiasaan yang terbentuk, kurang stamina, hingga variasi gen. Pada tahun 2012, para peneliti dari University of North Carolina at Chapel Hill, Amerika Serikat, bersama enam insititusi lainnya mengadakan penelitian tentang gen dan kaitannya dengan kecanduan kafein.

Hasilnya, para peneliti menemukan terdapat dua gen yang menentukan bagaimana tubuh mengolah dan mencerna kafein, termasuk pula seberapa banyak konsumsi ke dalam tubuh lalu bagaimana tubuh kecanduan kafein. Nah, para peneliti pun memberikan beberapa anjuran bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi kafein. Bagaimanakah?

"Minumlah teh hitam atau teh hijau yang mengandung kadar kafein yang lebih rendah. Ingatlah, Anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit hingga nanti akhirnya muncul hari di mana Anda berhenti sama sekali," ujar Rachel Warren Meltzer, MS, RDN, pengarang buku The Smart Girl's Guide to Going Vegetarian.

Lalu bagaimana dengan kecanduan makanan manis? Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa gula dan lemak menstimulasi area otak yang menimbulkan efek tenang dan bahagia, namun gula memberikan efek yang lebih besar. Alhasil, saat Anda menahan untuk tidak menyantap makanan manis, maka semakin tinggi keinginan untuk mengonsumsinya.

"Keinginan untuk menyantap sesuatu terkait dengan rasa dirugikan atau seperti dirampas. Jika seseorang semakin menghindari atau pantang menyantap makanan ini, maka semakin parah keinginannya untuk menyantap. Jadi, daripada menyiksa diri sendiri, orang biasanya memilih untuk menyantap misalnya cokelat, apapun yang terjadi," kata Julie Upton, seorang pakar diet terdaftar.

Untuk mengurangi kecanduan makanan manis, Upton menyarankan, untuk mengonsumsi buah-buahan. Mangga, nektarin, atau buah prune bisa jadi pilihan. Anda juga bisa menyimpan beberapa permen di laci meja kerja Anda. Tak apa mengonsumsi makanan manis, asalkan Anda memastikan kandungan kalorinya tidak terlalu tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com