Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Terlalu Sering Pamer "Drama" di Media Sosial Buat Teman Jengkel

Kompas.com - 04/01/2015, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Untuk manusia yang hidup di peradaban modern seperti sekarang ini, setiap orang rasanya pasti memiliki akun media sosial. Kemudian, kebiasaan berkomunikasi dengan teman lewat media sosial pun jadi bagian dari gaya hidup.

Namun, tak sedikit orang yang menyikapi keberadaan media sosial ini sebagai halaman pribadinya dengan meracau segala hal yang sebenarnya tidak perlu. Entah kesal karena jalanan macet, jengkel dengan si bos, dan lain sebagainya. Alhasil, mereka yang berada dalam lingkaran pertemanan pun merasa terganggu dan tidak nyaman.

Menurut Anthony Rotolo, profesor media sosial dari Syracuse Univeristy School of Information, Amerika Serikat, sebaiknya kita menghindari komentar-komentar yang bersifat samar-samar atau pasif dan agresif di media sosial. Beberapa di antaranya komentar mengenai keburukan seseorang, gosip tak bertuan, menyinggung teman lewat kata-kata menyindir, dan sebagainya.  

"Unggahan semacam itu jelas tentang orang-orang yang menjadi teman Anda di media sosial seperti Facebook, tapi tidak mau menyebutkan namanya. Intinya, jangan melanggengkan pertengkaran di Facebook," ungkap Rotolo.

Lebih lanjut, Rotolo menjelaskan, unggahan-unggahan atau komentar semacam itu akan membuat Anda terlihat berperan seolah Anda adalah korban. Jika Anda ingin menegur teman-teman yang berperilaku buruk, seperti misalnya bertengkar, maka lakukanlah secara "offline" alias di luar media sosial atau di kehidupan nyata.

"Jangan mengungkapkan hal-hal semacam itu di situs jejaring sosial," imbuh Rotolo.

Selain itu, ada baiknya jika Anda tidak mengumbar terlalu banyak informasi tentang diri dan kehidupan pribadi Anda. Putus cinta, bertengkar dengan pasangan, atau berselisih dengan keluarga memang menjengkelkan, tetapi bukan berarti Anda harus buat pengumuman atas lara yang Anda rasakan kepada teman-teman di media sosial.

Tanpa Anda sadari, unggahan semacam itu akan membuat teman-teman Anda merasa tidak nyaman bahkan menjadi kesal pada Anda. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com