Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Celah Paha Terlalu Lebar, Iklan Pakaian Dalam Urban Outfitters Diprotes!

Kompas.com - 05/01/2015, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Label ritel Urban Outfitters harus menarik iklan komersial lini pakaian dalam mereka karena pose model yang terlalu kontroversial dan meresahkan publik. Seperti dikutip Daily Mail, berdasarkan peraturan dari British Advertising Standard Authority (ASA), foto iklan yang ditampilkan Urban Outfitters dinilai sebagai pelanggaran karena membahayakan.

Hal ini dilakukan oleh ASA setelah menerima sejumlah keluhan masyarakat terhadap foto iklan celana dalam bernama Polka Dot Mesh Briefs in Fig yang dipasarkan secara online tersebut. Pose sang model dalam foto komersial itu menampilkan celah paha yang terlalu lebar sehingga merefleksikan tubuh yang terlalu kurus dan tak sehat. Menurut ASA, foto ini bisa memicu generasi wanita muda untuk melakukan diet ekstrem, dan dikhawatirkan mengidap penyakit gangguan makan atau anoreksia.

ASA menyetujui keluhan dan laporan publik tersebut dengan menuliskan, "Kami menggangap model dalam foto ini sangatlah kurus, khususnya ada celah yang sangat signifikan pada bagian paha. Selain itu, jarak antara paha dan lututnya memiliki lebar yang sama. Kami memahami bahwa target pasar Urban Outfitters adalah mereka yang berusia muda, dan memakai model terlampau kurus bisa membentuk citra tubuh yang salah bagi anak-anak muda."

Menanggapi hal ini, Urban Outfitters telah merilis respons. Pihak mereka mengatakan bahwa model dalam iklan tersebut berasal dari agen model paling sukses dan paling dihormati di Inggris. Model tersebut juga memiliki pinggang yang sehat, yakni 23,5 inci. Mereka juga menyebutkan bahwa model memiliki tubuh tinggi dan langsing secara alamiah, serta berat badan normal.

ASA sendiri memberikan jangka waktu kepada Urban Outfitters untuk menarik foto iklan celana dalam tersebut. Jika tidak, maka mereka akan diberikan penalti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com