Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Redam Rasa Iri, Sebaiknya Wanita Jangan Pilih Pria sebagai Partner Diet

Kompas.com - 06/01/2015, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Apabila salah satu resolusi Anda pada tahun 2015 ini adalah melangsingkan tubuh dengan berdiet, maka sebaiknya jangan lakukan bersama teman atau pasangan pria Anda. Sebab, menurut survei, pria lebih mudah menurunkan berat badan. Jadi, hal ini bisa menyebabkan wanita merasa iri dan putus asa.

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 1.850 orang dewasa mengungkapkan bahwa pria memiliki banyak keunggulan saat berdiet ketimbang wanita. Penelitian yang dilakukan oleh Mark & Spencer ini menyebarkan kuesioner pada para responden mengenai ragam program diet. Mulai dari frekuensi dan jangka waktu, metode yang digunakan, dan hasil diet yang didapat. Hasilnya, tingkat kesuksesan pria dalam berdiet lebih tinggi dibandingkan wanita, baik program jangka panjang ataupun jangka pendek.

Hampir seperempat jumlah responden pria mengatakan bahwa diet adalah hal yang relatif mudah dilakukan. Tentunya, hal ini berbanding terbalik dengan 30 persen responden wanita yang menjawab bahwa mereka harus berjuang keras untuk membulatkan tekad berdiet dan menghindari makanan lezat.

Sebab, nyatanya 20 persen pria lebih kuat menahan keinginan untuk tidak mengonsumsi makanan berkaorhidrat dan berlemak tinggi. Sementara itu, untuk hasil maksimal, wanita mesti mengonsumsi makanan sehat sebanyak lima kali sehari.

Untuk metode diet, pria mengandalkan olahraga ringan seperti lebih banyak berjalan, tapi tidak mengubah pola makan. Kemudian, 28 persen responden pria lainnya mengatakan mereka mengombinasikan olahraga dengan diet makanan sehat. Lalu, sebanyak 40 persen responden wanita mengatakan bahwa mereka menggabungkan olahraga dan diet sehat.   

Ada pula detail yang berbeda antara pria maupun wanita ketika mengukur keberhasilan dietnya. Sebanyak 47 persen wanita lebih suka mengukur keberhasilan dietnya dari ukuran gaun idaman, sedangkan  30 persen pria memberikan angka realistis pada tujuan diet mereka, dan melakukan pengukuran pada lingkar pinggang serta menimbang berat badan satu minggu sekali secara berkala.

Juru bicara Marc & Spencer mengatakan, "Kami tahu bahwa bulan Januari adalah bulan kebanyakan orang memulai resolusi tahun barunya untuk mengurangi berat badan. Menurut sejarah, wanita lebih ambisius dalam persoalan mengurangi berat badan. Namun, beberapa tahun belakangan, kami melihat pergantian dalam kebiasaan para konsumen. Ternyata, lebih banyak pria yang menunjukan keinginan untuk mengurangi berat badan, dan mengonsumsi makanan sehat,".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com