Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Ibu Tolong Jangan Gunakan Kalimat Negatif dan Kasar di Depan Anak

Kompas.com - 07/01/2015, 11:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Hasil survei Children Charity NSPCC mengatakan bahwa lebih dari 2000 orang dewasa masing ingat nasihat dan berbagai perkataan yang diucapkan orangtua semasa kecil dahulu. Tujuan dari survei ini adalah ingin memelajari bahwa perilaku dan perkataan orangtua berpengaruh pada anak saat mereka dewasa.

Salah satu nasihat dan perkataan positif  yang diingat anak dari orangtua adalah “Latihan membuat kita menjadi lebih baik”, setidaknya 63 persen responden mengaku terinspirasi dengan ucapan positif tersebut. Kemudian, nasihat lain yang juga paling diingat oleh 62 persen responden lainnya adalah “Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan”. Lalu, sebanyak 54 persen mengatakan bahwa kalimat “Jika gagal, coba lagi” yang sering disampaikan orangtua sangat melekat dalam pikiran mereka hingga dewasa.

Menurut hasil survei, sebanyak 81 persen responden mengaku pihak ibu yang paling sering membimbing mereka dengan nasihat positif. Lalu, 72 persen lainnya mengatakan lebih banyak dinasehati oleh ayah.

"Kami memasuki fase baru dalam 130 tahun sejarah NSPCC. Kami ingin menunjukan bahwa segala tindakan yang kita ambil dapat membantu memberikan pengalaman yang positif bagi anak-anak. Salah satunya lewat kata-kata bijak. Sebab, setiap anak berhak memiliki masa kecil yang bahagia dan inspiratif,” terang Peter Wanles, CEO, NSPCC.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com