Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Program Diet Terbaik di Amerika Serikat, Tertarik Mencoba?

Kompas.com - 09/01/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com  US News & World Report merilis data-data mengenai diet terbaik untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk menurunkan berat badan atau diet untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Data-data tersebut dirangkum dan diperingkati dalam Best Diets of 2015.

Diet terbaik di AS adalah diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) alias Pendekatan Diet untuk Menghentikan Darah Tinggi. Aslinya, program diet ini dirancang untuk membantu orang-orang menurunkan tekanan darah mereka. Diet ini terdiri atas makanan rendah lemak, rendah sodium, dan berbasis nabati.

Untuk membantu para pasiennya, DASH telah diteliti selama bertahun-tahun untuk membuktikan manfaatnya bagi kesehatan. Selain itu, beragam buku masakan pun ditulis untuk membantu Anda menjalankan diet ini dengan benar, termasuk sebuah buku terbaru berjudul The DASH Diet Younger You.

Diet terbaik lainnya setelah DASH adalah diet TLC (Therapeutic Lifestyle Changes) yang dikembangkan oleh National Cholesterol Education Program. Selain itu, ada pula diet klasik Mediterania, Weight Watchers, dan diet Mayo Clinic.

"Secara umum, fundamental diet dan kesehatan tidak berubah seiring bergantinya tahun. Meskipun saat ini jenis diet semakin beragam dan mengikuti tren," ujar David Katz MD, Direktur Yale-Griffin Prevention Research Center, Amerika Serikat.

Dr Katz menyarankan, sebaiknya tidak perlu menjalankan satu jenis diet spesifik. Sebaliknya, Anda yang berniat untuk menjalankan program diet dapat mengombinasikan beberapa atribut diet yang dirasakan baik untuk Anda.

"Atribut diet yang baik dapat dikombinasikan. Diet dapat berbasis nabati, rendah glisemik, dan bersifat fleksitarian. Kombinasi dapat dilakukan dengan berbagai cara," ungkap Dr Katz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com