Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Dongkrak Semangat Si Kecil Selesaikan Pekerjaan Rumah

Kompas.com - 10/01/2015, 16:33 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com – Tumpukan pekerjaan rumah (PR) seringkali membuat anak merasa stres dan tertekan. Namun, selain anak, ternyata PR juga bisa membebani orangtua. Salah satunya adalah saat menemani dan membuat anak fokus menyelesaikan PR.

Anda jangan khawatir, berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan pada si kecil :

1. Permainan kecepatan
Salah satu ide menarik untuk membuat waktu mengerjakan PR jadi lebih menyenangkan adalah dengan melakukan permainan. Tantanglah si anak untuk mengerjakan tugasnya dengan baik dan benar dalam waktu yang ditentukan. Dengan kata lain, ajak anak untuk bermain adu cepat, puzzle, dan sebagainya.

2. Tengok sesekali
Entah karena malas atau asik menonton sinetron favorit di televisi, sejumlah orangtua kerap lupa untuk menengok dan memeriksa hasil PR anak. Dilemanya adalah anak merasa tertekan saat selalu diawasi, tapi jika tidak anak semakin lama menyelesaikan PR.

Solusinya, tengok anak sesekali saat sedang mengerjakan tugasnya. Buatlah "kunjungan" ke kamarnya untuk memeriksa perkembangan dan kemajuan. Anda juga bisa mendorong mereka dengan memujinya, "Kamu pintar", "Wah, cepat sekali buat PR-nya." Pujian ini akan membantu anak jadi lebih percaya diri.

3. Gonta ganti lokasi
Mengerjakan PR di meja belajar dalam kamar pasti membuat anak merasa jenuh dan malas. Cobalah pompa semangat anak dengan berganti lokasi dalam mengerjakan PR. Salah satunya bisa di bangku taman atau tempat lainnya. Ini adalah ide yang baik untuk mencegah anak merasa bahwa pekerjaan rumah menjadi sebuah hal yang monoton dan menakutkan.

4. Cari nama baru
Terkadang bagi anak-anak nama PR akan terdengar menakutkan. Nah, cobalah untuk menemukan nama lain untuk menggantikan nama ini.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com