Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Label Perhiasan Tiffany & Co. Tampilkan Iklan dengan Isu LGBT

Kompas.com - 12/01/2015, 16:52 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com - Label perhiasan Tiffany & Co. menampilkan isu kontroversial untuk iklan terbarunya yang dibawa ke masyarakat umum, yakni LGBT. 


Hal ini dilakukan oleh Tiffany & Co. dengan menampilkan dua pria tampan yang sedang duduk bersama di tangga, dengan gambar sepasang cincin perak dilengkapi tulisan "Will you? " atau "Maukah kamu?”. 
Kalimat tersebut merupakan kalimat biasa yang disebutkan saat seseorang melamar pasangannya. Iklan ini sebenarnya terkesan simpel tapi disampaikan dengan pesan yang kuat lewat tulisan tersebut.

Bukan hanya label perhiasan Tiffany & Co. yang pernah menghadirkan iklan pasangan gay. Sebelumnya, label busana seperti Gap, Banana Republic, dan Chevrolet, juga pernah menampilkan iklan dengan tema LGBT dimana sebenarnya masih terasa tabu ketika beredar di masyarakat. Tetapi ini baru kali pertama sebuah label perhiasan menghubungkan iklannya dengan sebuah konsep cinta atau pernikahan.

Juru bicara Tiffany & Co. berbicara pada majalah Elle "Sekarang ini, jalan untuk pernikahan tidak lagi linear (garis lurus). Cinta sejati dapat terjadi lebih dari sekali dengan cerita yang datang dari beragam bentuk. Cincin Tiffany & Co. merupakan ‘simbol salah satu kalimat dari cerita yang akan ditulis oleh pasangan secara bersama-sama’, sebagaimana mereka menuju sebuah kehidupan intim di masa depan. Maka kami berharap pesan tersebut dapat disampaikan lewat iklan ini.”

Diketahui, kedua pria dalam iklan Tiffany & Co. bukanlah model profesional. Melainkan memang pasangan dalam kehidupan nyata asal New York, yang diminta berpose di depan tempat tinggal mereka berdua. Sampai saat ini tak ada berita tentang kritik atau pun protes terhadap iklan yang tentunya akan sangat kontroversial jika dibawa ke lingkup daerah Asia, seperti Indonesia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com