Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Anda Bisa Menikmati Ragam Teh Indonesia Terbaik

Kompas.com - 16/01/2015, 12:52 WIB
Alvin Dwipayana

Penulis

KOMPAS.com -- Jika Anda penggemar teh tradisional Indonesia, luangkan waktu sejenak untuk mengunjungi sebuah rumah teh terbaru yang berlokasi di daerah Kemang, Jakarta Selatan,  Gaia Tea and Cakes.

Baru saja resmi dibuka, Gaia Tea and Cakes, menawarkan beragam produk teh dalam negeri  dimana setiap sajian memiliki kualitas sangat baik dari segi rasa hingga aroma.

Ratna Somantri, seorang penulis buku Kisah & Khasiat Teh dan The Story in A Cup of Tea yang juga merupakan anggota dewan teh  Indonesia, percaya bahwa teh yang dihasilkan dari tanah Indonesia mempunyai kualitas teratas serta memiliki banyak khasiat.

"Banyak masyarakat Indonesia yang hanya tau teh Indonesia adalah teh poci atau teh melati. Padahal, negara kita banyak menghasilkan jenis teh, bahkan diekspor ke berbagai negara. Melihat keadaan itu, tercetuslah untuk membuat sebuah konsep rumah teh yang menyajikan beragam teh asli Indonesia," jelas Ratna saat bertemu Kompas Female.

Menurut Ratna juga, tidak ada salahnya masyarakat untuk tahu, rasa dan aroma teh apa saja yang dimiliki Indonesia. "Motif batik saja yang dulu dikenal kalangan terbatas, kini bisa tampil modern dan disukai. Saya mengharapkan hal yang sama untuk ketertarikan masayarakat Indonesia akan teh asli negara kita," tambahnya.

ALVIN DWIPAYANA/ KOMPAS.COM Motif batik kawung yang menghiasi interior serta seragama pegawai di Gaia Tea and Cakes, Kemang, Jakarta Selatan.

Suasanya nyaman dan tenang bisa dirasakan ketika memasuki rumah teh di bilangan Kemang Raya ini. "Desain pada interior, kemasan dan seragam pegawai Gaia memang dibuat oleh desainer label busana batik Alleira. Motif buah kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) mencerminkan budaya Indonesia namun kami hadirkan dalam garis desain yang lebih modern. Seragam pegawai  Gaia juga menggunakan motif batik kawung ini," tambahnya.

Semoga dengan adanya tempat seperti Gaia, masyarakat Indonesia lebih mengenal kekayaan teh yang dimiliki bangsanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com