Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2015, 14:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Beragam mitos seputar bra muncul di antara kaum wanita. Beberapa mitos terdengar sangat nyata, hingga sulit untuk dibedakan apakah hanya mitos atau fakta. Namun, sebenarnya mitos apa saja seputar bra yang harus Anda ketahui? 

1. Bra dapat membahayakan kesehatan. 
Sebuah studi pada tahun 1999 menemukan bahwa wanita yang tak mengenakan bra memiliki risiko kanker payudara lebih rendah ketimbang wanita yang mengenakan bra. Sejak inilah banyak wanita yang enggan mengenakan bra karena takut dapat mengancam kesehatan mereka.

"Menurut para peneliti, kawat pada bra yang terlalu kencang akan mengimpit kelenjar mammae yang dapat menjebak toksin. Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk membela dugaan ini," ujar Jene Luciani, seorang pakar bra.

2. Mengenakan bra saat tidur membuat bentuk payudara lebih indah.
Ada wanita yang tetap mengenakan bra pada malam hari, beberapa merasa nyaman, dan lainnya memercayai bahwa mengenakan bra saat tidur pada malam hari membuat bentuk payudara lebih indah dan menarik. 

"Mengenakan bra yang menopang sesekali sangat membantu, khususnya ketika berolahraga, karena saat itu payudara bergerak ke atas dan ke bawah. Namun, selain itu, tidak ada banyak cara lain untuk menghindarinya," ungkap Luciani. 

3. Bra memiliki ukuran yang sama dan tetap.
Tidak seperti busana lain yang bisa saja memiliki ukuran sama dan seragam, sayangnya, hal demikian tidak terjadi pada bra. "Sayangnya, tidak ada konsistensi ukuran sama sekali. Setiap merek memiliki 'model pengepasan' masing-masing. Anda juga bisa memiliki bra dengan ukuran berbeda dari model yang berbeda meski masih satu brand," jelas Luciani. 

4. Ukuran rata-rata bra adalah cup B 
Faktanya, menurut Luciani, ukuran rata-rata bra lebih besar dari cup B, yakni sekitar cup C. Namun, permasalahan yang kerap terjadi adalah wanita mengenakan bra dengan ukuran yang tidak sesuai.

"Di tempat penjualan, banyak wanita yang lebih suka menerka-nerka ketimbang mengenakan bra dengan ukuran yang tepat. Para produsen bra tahu betul ukuran mana yang paling laris sehingga mereka mengukuhkannya sebagai ukuran rata-rata," papar Luciani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com