Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2015, 16:25 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Siapa yang tidak mengenal Mustika Ratu, brand produk perawatan kecantikan asli Indonesia ini didirikan oleh seorang perempuan Jawa sekaligus cucu dari Sri Susuhunan Pokoe Boewono X, Keraton Surakarta, bernama Mooryati Soedibyo.

Mooryati yang pernah menjabat sebagai Wakil MPR dengan periode jabatan dari tahun 2004 hingga tahun 2009 ini, meski sudah berusia senja tetapi masih terlihat cantik dan bugar. Kulitnya masih halus dengan sedikit keriput yang terlihat samar-samar, rambutnya legam dan lebat, postur tubuh Mooryati pun masih tegak sehingga membuat siapa pun tidak akan percaya bahwa usianya telah mencapai 87 tahun pada tanggal 5 Januari 2015 silam.

Apa sih rahasia awet muda Mooryat Soedibyo? Ternyata, rahasianya sederhana saja dan tidak memerlkukan banyak uang. “Olahraga dan minum jamu tiap hari,” ungkap Mooryati pada acara ulangtahunnya ke 87 tahun di kediamannya di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Jenis olahraga yang rutin dilakukan oleh Mooryati adalah olahraga osteoporosis, untuk menjaga tulangnya tetap kuat. Selain itu, ia mengatakan juga senang yoga, tetapi dibatasi hanya melakukan  gerakan-gerakan ringan.

Sedangkan untuk jamu, Mooryati yang juga terkenal sebagai Ratu Jamu ini mengatakan, dirinya rutin mengonsumsi jamu olahan dengan resep racikannya sendiri.   "Jamu pahit-pahitan, temu lawak, diparut kemudian diperas. Bisa juga dicampur dengan racikan lain," ujar perempuan yang telah memiliki 2 orang cicit ini. Mooryati mengungkapkan ada pula teh sliming tea, racikan pabriknya sendiri yang biasa ia konsumsi setelah makan-makanan yang membuatnya 'begah'. "Sehari pasti minum jamu, tergantung kebutuhannya," imbuhnya.

Selanjutnya, hal lain yang membuat dirinya tampak tetap cantik dan sehat adalah selalu berpikir positif dan bersyukur. Mooryati mengungkapkan bahwa diumur senjanya ini, ia ingin selalu berbuat kebaikan "Saya bersyukur Tuhan selalu memberikan saya kemurahan, usia panjang, dan itu saya sangat hargai dan syukuri. Sekarang, anak-anak juga sudah bisa meneruskan tugas-tugas saya. Jadi, saya sudah bisa menikmati hidup dengan teman-teman seusia," tutur perempuan bergelar Doktor S3 tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com