Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Mengatakan, Manfaat Yoga Sama dengan Kardio

Kompas.com - 18/01/2015, 18:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Yoga merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para wanita untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Namun, ada pula yang menganggap bahwa manfaat yoga berbeda dengan olahraga lainnya. Nah, studi terbaru ternyata tidak menyatakan demikian.


Sebuah ulasan yang mengkaji penelitian terbaru menyatakan bahwa yoga pun dapat melindungi tubuh Anda dari beragam penyakit kardiovaskular dan beragam faktor yang berisiko terhadap metabolisme tubuh, sama halnya dengan aktivitas lainnya seperti berlari. Beberapa penyakit kardiovaskular antara lain adalah tekanan darah tinggi, kadar gula yang tinggi, lemak tubuh yang berlebih, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Hingga saat ini, cukup sulit untuk membandingkan yoga dengan jenis olahraga aerobik intens lainnya. Lantaran gerakan-gerakan yoga cenderung lebih lambat dan kurang dinamis dibandingkan jenis latihan seperti aerobik, berenang, dan bersepeda.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengulas setidaknya 69 penelitian medis yang dilakukan terhadap yoga jenis Hatha. Jenis yoga ini merupakan jenis yoga yang dirancang untuk menyelaraskan pernapasan dengan gerakan merenggangkan dan menstimulasi otot dan tulang punggung. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah yoga memiliki manfaat yang sama dengan jenis olahraga lainnya yang membutuhkan banyak gerakan tubuh.

Di samping itu, para peneliti pun membandingkan penelitian-penelitian yang melaporkan terjadinya faktor-faktor risiko yang terjadi pada orang-orang yang melakukan yoga, aktivitas aerobik tradisional, dan yang tidak berolahraga sama sekali. Hasilnya, ternyata yoga memiliki manfaat yang sama dengan aktivitas lainnya.

Sama seperti kegiatan yang kerap Anda lakukan di mesin kardio, lapangan, lintasan lari, maupun tempat olahraga lainnya, para peneliti menyakini yoga dapat mengurangi lemak tubuh, menurunkan tekanan darah, menormalkan kolesterol pada darah, dan memperbaiki pacu jantung. Hal serupa terjadi pula pada risiko penyakit jantung dan faktor-faktor risiko terkait lainnya.

Sejauh ini, peneliti memang belum memberi penjelasan lebih rinci terhadap manfaat yoga, namun ada salah satu teori yang mengatakan bahwa yoga dapat mengurangi stres. Ini pun berpengaruh pada kesehatan, pikiran, dan tubuh Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com