Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Selingkuh, Pria Lebih Memilih Wanita Berwajah Feminin dan Lembut

Kompas.com - 19/01/2015, 07:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Sebuah penemuan unik yang dirangkum oleh sejumlah peneliti di Inggris menyatakan bahwa bentuk wajah seseorang dapat memengaruhi kelanggengan dan kehangatan hubungannya dengan pasangan.

Wanita terlahir dengan beragam bentuk wajah, ada yang berdagu runcing, ada yang berhidung bangir, ada pula yang berdagu lebar dan berhidung pesek. Hasil penelitian mengatakan bahwa variasi wajah ini bisa mengantarkan mereka pada sang pria idaman.

Menurut penelitian, saat seorang pria ingin hubungan yang tidak serius dan hanya main-main, mereka memilih wanita dengan karakter wajah yang feminin, kemayu, dan lembut. Sebaliknya, jika pria ingin berkomitmen dalam hubungan yang jangka panjang, mereka cenderung memilih wanita dengan wajah yang lebih tegas, maskulin, dan biasanya kurang menarik.

Kondisi ini dikarenakan pada alam bawah sadar pria terbentuk pemikiran bahwa wanita dengan wajah yang kurang menarik, lebih setia dan tidak memiliki keinginan untuk mempermainkan cinta mereka.

Penelitian ini melibatkan seratus relawan pria heteroseksual. Lalu, mereka diperlihatkan beberapa gambar wajah wanita dalam dua kategori, yaitu wajah lembut dan wajah yang tegas alias maskulin. Hasilnya, untuk hubungan kasual dan tidak berpotensi langgeng, pria memilih wanita berwajah lembut. Kemudian, mayoritas dari responden memilih wanita berwajah keras dan maskulin untuk dijadikan istri.

“Pria takut dan benci dengan pasangan yang berselingkuh karena mereka tidak mau menerima risiko membesarkan anak yang bukan turunan biologis mereka sendiri,” terang Anthony Little, salah satu peneliti diUniversity of Stirling and Benedict Jones dari University of Glasgow.

Masih pada riset yang sama, peneliti juga melibatkan responden perempuan dengan tugas serupa. Rangkuman hasil riset ini sungguh mengejutkan. Sebab, perempuan justru memilih pria berwajah maskulin dan kuat sebagai pasangan selingkuh, sedangkan pria berwajah lembut paling banyak dipilih sebagai suami. Alasannya, pria berwajah lembut dianggap dapat lebih bertanggung jawab dan bisa diandalkan dalam membesarkan anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com