Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2015, 10:28 WIB
Alvin Dwipayana

Penulis

KOMPAS.com – Mungkin sudah seringkali Anda mencoba berbagai penampilan lewat apa yang Anda miliki dalam lemari pakaian. Bisa jadi Anda terlalu sering mengenakan atasan, bawahan atau luaran yang sama, bahkan tanpa disadari terlalu sering mengenakan warna yang "itu-itu saja". Setelah memasuki awal tahun, tak ada salahnya untuk memulai sesuatu yang menyegarkan dan memberi impresi baru lewat resolusi berbusana.

Tak perlu melakukan segala sesuatunya secara berlebihan. Biarkan lemari pakaian mengerti akan kedewasaan Anda serta buatlah agar lebih mudah dan menyenangkan!

1. Berinvestasilah dengan pakaian basic.

Anda akan membutuhkannya ketika terburu waktu dan merupakan sesuatu yang mudah dipadu padan. Mulailah memilikinya!

2. Berhati-hatilah terhadap perputaran tren yang begitu cepat.

Buatlah tahun-tahun sebelumnya sebagai pembelajaran dan pastikan tahun ini Anda akan lebih selektif lagi dalam mengikuti tren. Hindari terlalu sering membeli apa yang sedang digandrungi. Lebih penting untuk membangun personalita gaya Anda.

3. Jika ingin membeli, pilih yang memberi impresi positif.

Coba mengoleksi pakaian yang pastinya membuat tampilan akhir Anda dipuji banyak orang. Bisa lebih kurus, lebih tinggi ataupun tampak lebih segar.

4. Carilah padanan untuk warna kegemaran Anda.

Ketika membuka lemari pakaian, tentukan empat hingga lima warna yang pasti akan Anda gunakan tahun ini, kemudian belilah sesuatu yang bisa Anda padukan dengan deretan warna tersebut untuk kurun waktu beberapa bulan ke depan. Anda akan mendapatkan variasi dalam nuansa senada.

FASHIONISING.COM Berinvestasilah pada busana klasik dan tak lekang oleh waktu.

5. Berinvestasilah pada busana klasik dan tak lekang oleh waktu.

Sekiranya Anda sudah kerap mendengar hal ini. Namun cobalah untuk mulai berinvestasi pada busana yang tak hanya bisa Anda kenakan sesaat.

6. Beranilah untuk keluar dari zona nyaman.

Mencoba atasan atau bawahan yang jarang bahkan tidak pernah Anda kenakan, akan menyuntikkan elemen baru pada penampilan Anda. Mulailah dari yang paling sederhana seperti atasan berdetail, sepatu berwarna terang atau siluet yang belum pernah Anda coba.

7. Mulailah membenahi lemari pakaian secara berkala.

Pastinya Anda sudah paham dengan konsep less is more. Mulailah membuat rencana untuk membenahi lemari Anda dengan menyisihkan pakaian yang sudah tidak mungkin digunakan lagi. Bisa dengan cara menyumbangkan atau bahkan menjualnya secara murah pada sebuah garage sale.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com