Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendengarkan Lagu “Rock” Bisa Buat Tidur Lebih Lelap

Kompas.com - 19/01/2015, 21:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber She Knows

KOMPAS.com – Tidur merupakan kebutuhan primer yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia di dunia ini. Selain mengistirahatkan tubuh dan pikiran, tidur juga memiliki sejumlah manfaat positif  lainnya. Salah satunya adalah membuat tubuh dan kulit terlihat lebih segar serta cerah.

Berikut ini beberapa cara agar proses tidur Anda berlalu dengan mudah dan tidak terbangun-bangun sebelum waktu pagi tiba.

Wanita butuh waktu tidur lebih lama
Menurut pakar sleep apnea, Jim Horne, wanita cenderung melakukan pekerjaan lebih banyak dari pria, sehingga wanita memerlukan waktu tidur ekstra 20 menit ketimbang pria. “Wanita lebih sering melakukan mulitasking. Jadi, mereka lebih banyak menguras tenaga dan pikiran. Itulah alasan anjuran wanita mesti memiliki waktu tidur lebih lama,” terangh Horne.

Dengarkan lagu genre “rock”
Kita pasti mengira bahwa alunan musik klasik lebih membantu mata terlelap. Ternyat, menurut sebuah survei terhadap 6.000 orang Inggris, mengatakan bahwa musik keras seperti lagu “rock” merupakan pengantar tidur yang efektif.

Kulit lebih cantik dan awet muda
Sebuah penelitian di Spanyol mengungkapkan bahwa kaum wanita di sana tidur selama 14 jam. Tujuannya, untuk mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata. Selain itu, tidur lebih lama dipercaya ampuh dalam melembabkan rambut dan kulit wajah.

Salah satu selebriti dunia yang tidur lebih dari delapan jam adalah Jennifer Lopez. "Bagi saya rahasia tampil cantik dengan kulit bercahaya adalah tidur, air putih yang banyak, dan pembersih wajah sesuai kebutuhan kulit,” terang Lopez.

Manfaat wangi bunga
Anda memiliki gangguan sulit tidur? Apakah pernah mencoba terapi aroma bunga? Sebuah studi yang dihelat pada tahun 2007 silam mengatakan bahwa menghirup aroma bunga mawar sebelum tidur dapat membuat syarat di sekitar mata lebih rileks hingga akhirnya tertidur. Selain itu, aroma bunga mawar juga bisa meningkatkan daya ingat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com