Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com -- Rambut lepek selalu menjadi masalah bagi perempuan yang memiliki tipe kulit kepala berminyak. Rasanya Anda sudah lelah harus keramas terus menerus agar terhindar dari momen baid hair day yang sering Anda alami.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengakali rambut lepek dalam sekejap. Berikut uraiannya:

1. Bedak tabur
Bukan rahasia lagi bedak tabur, khususnya bedak bayi dapat menjadi solusi untuk rambut lepek dalam sekejap. Bedak tabur saat ini masih menjadi solusi jitu dan praktis dalam mengatasi rambut lepek.

2. Gunakan sampo kering
Saat ini mulai bermunculan berbagai merek dry shampoo atau sampo kering yang dapat membersihkan rambut, tanpa keramas dengan air. Pilihlah jenis sampo kering yang cocok dengan jenis rambut Anda, dan kalau perlu mintalah rekomendasi pada teman yang pernah mencobanya.

3. Gunakan kertas tisu
Jika Anda tidak memiliki bedak tabur atau sampo kering saat dalam kondisi bad hair day, cobalah ambil kertas toilet besar, yang biasanya digunakan untuk mengeringkan tangan, dan kemudian tekan-tekan pada kulit kepala Anda. Cara ini terbilang efektif untuk menambah sedikit volume pada rambut lepek.

4. Hindari keramas berlebihan
Terlalu sering keramas atau berlebih, sebenarnya malah memicu kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, ada baiknya keramas dua hari sekali secara teratur, untuk membuat produksi minyak pada kulit kepala masih dalam kadar normal.

5. Aplikasikan kondisioner dengan benar
Untuk kulit kepala bertipe normal, kondisioner memang diaplikasikan dari akar sampai ujung rambut. Namun, untuk jenis kulit kepala berminyak, hindari mengaplikasikan kondisioner dengan cara tersebut. Sebaliknya, aplikasikan kondisioner pada 3/4 bagian ujung bawah rambut.

6. Jangan menyentuh rambut
Perempuan memiliki kebiasaan menyentuh rambut. Jika Anda memiliki tipe kulit kepala berminyak, kurangi kebiasaan tersebut karena akan membuat rambut jadi lebih cepat berminyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com