Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Pria soal Penampilan Pengaruhi Kepercayaan Diri Wanita

Kompas.com - 20/01/2015, 11:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Para pria sering kali memandang kecantikan seorang wanita dari paras dan penampilannya. Mereka pun kerap berkomentar soal penampilan wanita. Namun, studi terbaru yang dipublikasikan pada Journal Social Psychology and Personality menemukan bahwa komentar para pria secara tak sadar memengaruhi cara wanita memandang tubuhnya, baik positif maupun negatif. 

Para peneliti dari Southern Methodist University, Amerika Serikat, meneliti hampir 500 orang wanita. Para partisipan diminta melihat foto-foto wanita yang memiliki bentuk tubuh yang tidak langsing dan jauh dari citra tubuh ideal, kemudian ditanyakan bagaimana pendapat mereka.

Satu grup partisipan diberi tahu bahwa para wanita di dalam foto dipandang menarik oleh para pria, sementara grup lainnya diberitahukan bahwa para wanita tersebut tidak menarik bagi kaum pria. Pada akhirnya, para wanita merasa lebih positif memandang tubuhnya ketika mereka berpikir para pria menyukai wanita yang lebih berisi. 

Menurut para peneliti, hasil penelitian yang mereka lakukan ini merupakan sebuah hal yang bagus. "Studi ini menunjukkan bahwa intervensi yang mengubah persepsi wanita mengenai keinginan pria akan ukuran tubuh yang ideal mungkin efektif untuk meningkatkan citra tubuh wanita," tulis Andrea Meltzer, Ketua Penelitian dan seorang psikolog sosial. 

Para peneliti mengungkapkan, salah satu sumber ketidakpuasan wanita akan tubuhnya adalah karena sugesti media bahwa pria sangat menyukai wanita yang langsing. Namun, ternyata banyak juga pria yang malah tidak terlalu menyukai wanita yang langsing dan cenderung lebih suka wanita yang memiliki bentuk tubuh lebih berlekuk. 

Nah, kesimpulannya, apa pun dan bagaimana pun bentuk tubuh Anda, Anda harus merasa nyaman dan percaya diri. Jangan lupa, tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada seorang pun yang memiliki tubuh sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com