Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Membuktikan, Lagu Sedih Bisa Usir "Bad Mood"

Kompas.com - 20/01/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber PLOS ONE

KOMPAS.com - Musik adalah sahabat bagi banyak orang untuk menemani beraktivitas, baik saat hati sedang merasa senang maupun sedih. Ketika suasana hati seseorang sedang kurang bagus terkadang mendengarkan musik bisa menjadi obat untuk memadamkan bad mood tersebut.

Terkadang ketika sedang bad mood, Anda bakal mendengarkan lagu-lagu ceria dengan tempo yang cepat untuk menimbulkan semangat. Namun, ternyata kebiasaan itu tidak benar, lho... Sebab, sebuah studi menyatakan jika sedang bad mood lebih baik mendengarkan lagu-lagu melankolis yang sesuai dengan suasana hati Anda.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada bulan ini di PLOS ONE ,menyatakan bahwa lagu-lagu riang serta bertempo cepat, yang memiliki istilah upbeat tidak akan membuat hati Anda lebih gembira dan bersemangat. Sebaliknya, studi tersebut menunjukkan bahwa lagu-lagu sedih lebih ampuh dalam membantu pendengarnya mengumpulkan perasaan-perasaan positif.

Para peneliti dari Freie Universitat Berlin, Jerman, melakukan survei terhadap lebih dari 770 orang dewasa untuk mengerahui seberapa sering mereka mendengarkan musik dan situasi apa yang membuat mereka mendengarkan lagu-lagu sedih. Para peneliti juga menanyakan tentang tipe-tipe emosi yang ditimbulkan ketika mendengarkan lagu sedih, yang paling sering disebut adalah kelembutan, kedamaian, dan nostalgia.

Peneliti menemukan bahwa hal penting yang diperoleh dari mendengarkan lagu sedih adalah kemampuan untuk merasakan kesedihan tanpa harus berkaitan dengan kehidupan nyata. Jadi ketika lagu berakhir, Anda tidak akan merasakan kesedihan yang berlarut-larut. Kemudian, para partisipan juga merasakan perasaan empati yang lebih kuat setelah mendengarkan lagu sedih.

Data yang dihimpun para peneliti menunjukkan, kebanyakan orang menganggap lagu sedih lebih terasa nyaman didengarkan ketika sedang mengalami masalah dalam hubungan. Para partisipan juga mengaku, mendengarkan lagu sedih dapat membantu mereka mengatasi perasaan negatif dalam hati.

Jadi, mulai saat ini, jika Anda merasakan suasana hati sedang tidak baik, dengarkan lagu-lagu sedih. Siapa tahu setelah itu Anda merasa lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com