Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Menstruasi Wanita Lebih Boros Belanja, Apa Iya?

Kompas.com - 20/01/2015, 20:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Jika memungkinkan, rasanya wanita ingin selalu terlihat cantik dan menawan setiap waktu. Namun, kenyataannya menurut penelitian, kebutuhan tampil cantik ini tergantung pada masa subur seorang wanita. Mengapa demikian?

Menjelang dan saat sedang menstruasi bisa dibilang wanita seperti dikuasai oleh fluktuasi hormon, yang acap kali seperti memanipulasi emosi untuk bereaksi di luar kendali kita. Alhasil, tak sedikit wanita yang mendadak merasa cepat marah, cepat sedih, dan murung beberapa hari sebelum menstruasi.

Selain perubahan emosi, para wanita juga berdandan dan berpenampilan lebih cantik serta seksi saat mendekati masa ovulasi (masa subur). Ternyata, hal ini untuk bersaing dengan wanita lain sekaligus menarik perhatian pria di sekitarnya.

Kebutuhan ingin terlihat lebih cantik menjelang menstruasi ini, membuat para wanita cenderung untuk lebih sering berbelanja busana dan produk kecantikan.

“Menjelang masa subur sebelum menstruasi, hormon estrogen meningkat lebih tinggi dalam tubuh wanita. Hal ini berpengaruh pada gaya belanja dan berdandan mereka,” terang Dr Kristina Duante, Ph.D, Texas University, Amerika Serikat.

Kemudian, pilihan barang yang dibeli terbilang variatif, selama koleksi tersebut dapat membuat mereka terlihat lebih atraktif maka keputusan membeli akan terhimpun dengan cepat serta impulsif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com