Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2015, 22:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com – Payudara adalah bagian anggota tubuh yang memerlukan perhatian dan perawatan ekstra. Namun, kenyataannya sedikit saja kaum hawa yang memahami betapa pentingnya menjaga kecantikan payudara. Berikut ini beberapa kebiasaan wanita yang berdampak buruk pada kesehatan dan keindahan payudara. Simak uraiannya:

Ukuran bra yang tidak tepat
Sebuah penelitian mengatakan bahwa kebanyakan produk bra tidak didukung oleh fitur yang menguntungkan payudara. Maksudnya, ada beberapa payudara yang dirancang hanya menawarkan keindahan secara estetika saja, tapi tidak memenuhi kebutuhan yang diperlukan payudara agar selalu sehat, kencang, dan padat. Mengenakan bra yang kekecilan menyebabkan payudara kecil dan timbul rasa sakit, sedangkan bila menggunakan bra yang kebesaran membuat payudara turun dan kendur.

Pada tahun 2013 silam, sebuah studi yang dihelat selama 15 tahun menyimpulkan bahwa semestinya wanita tidak mengenakan bra untuk menghindari sesak napas dan menurunnya kekuatan otot di bagian lingkar dada. Pilihannya ada pada Anda, tetap mengenakan bra atau bebas bra?

Kurang air putih
Air putih merupakan “cairan ajaib” dengan sejuta manfaat positif untuk tubuh. Air putih tidak hanya baik untuk keindahan kulit wajah saja, tapi juga kaya khasiat untuk kecantikan kulit payudara Anda. Sebab, kurang air putih bisa menyebabkan kulit payudara kering dan timbul bercak-bercak hitam akibat penuaan dini.

Lalai mengoleskan sunblock
Sekali lagi, bukan hanya kulit wajah yang patut diberikan perawatan ekstra agar terlihat menawan. Kulit di area payudara juga wajib Anda lindungi dari paparan matahari, terutama bagi Anda yang hobi berenang dan berjemur di tepi pantai. Oleskan sunblock secara rutin pada payudara secara menyeluruh untuk mencegah kekenduran dan penuaan dini pada kulit sekitar dada.

Merokok
Sebuah penelitian selama delapan tahun menyimpulkan bahwa merokok memiliki kontribusi besar pada kondisi dan kecantikan payudara. Sebab, nikotin dapat memecahkan elastin yang merupakan jaringan elastis pada kulit sekitar payudara.

Elastin adalah protein yang mengikat tisu kulit agar tetap elastis meskipun Anda aktif bergerak dan beraktivitas.

Diet berkepanjangan
Salah satu kebiasaan buruk wanita dalam menjalani diet adalah cepat bosan. Alhasil, berat badan yang telah turun kembali bergerak ke angka semula. Ini yang menyebabkan berat badan naik turun seperti gerakan yoyo. Selain memberikan efek buruk pada tubuh, gaya diet yang demikian, bisa membuat bentuk payudara berubah-ubah secara drastis. Perlu Anda ketahui, saat berat badan turun, bagian tubuh yang lebih dulu mengecil adalah payudara. Sebab, 90 persen isi payudara wanita adalah lemak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com