Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2015, 13:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Gaya Spa, tempat spa yang bertempat di Jalan Wolter Mangunsidi no.25, Jakarta Selatan, meluncurkan perawatan tubuh (spa) yang terinspirasi lewat budaya, dan perawatan alamiah dari tanah Batak, yakni martup dan oukup.

Dalam acara jumpa pers bertempat di Gaya Spa (21/1/2015), Prof. Dr. Rusmin Tumanggor, MA, Guru besar Antropologi kesehatan di UIN, Jakarta, menjelaskan filosofi kesehatan, sekaligus penyembuhan Batak adalah menggabungkan tanaman alamiah, bersama dengan jampi, mantra, atau doa.

Irma, manajer dari Gaya Spa juga menambahkan bahwa dengan adanya varian spa Batak ini, maka lengkaplah sembilan perawatan etno wellness yaitu perawatan kecantikan tubuh yang mengandung unsur budaya lewat teknik dan bahan dasar yang diambil dari daerah asal budaya tersebut. Di Gaya Spa sendiri, ada beberapa pilihan metode perawatan, seperti spa bertema Jawa, Bali, Minang, Bugis, Kalimantan, Minahasa, Betawi dan Batak.

 "Masing-masing daerah memiliki ciri tersendiri dan berbeda-beda. Misalnya di Minang, pemijatan lebih ke titik urat, maka dari itu cocok untuk orang berpenyakit stroke atau asam urat. Contoh lainnya lagi seperti di Batak yang spesialis melakukan pemijatan dari bagian atas tubuh mengalir ke area bawah," ungkap Irma.

Hal ini dibenarkan oleh Prof. Tumanggor, yang menjelaskan bahwa dalam filsofi Batak, segala sesuatu dilakukan pertama kali dari yang paling bersih dan dihormati adalah bagian kepala lalu mengalir dan berjalan menuju bagian yang paling kotor, yakni kaki.

Untuk mencoba perawatan spa ala Batak ini, Anda harus menyiapkan kocek sebesar  Rp 500- 899 ribu, dengan waktu perawatan sekitar 2,5 hingga 3 jam, dimana perawatan kaki, pemanasan, pembaluran scrub, pijat, dan, rendam sudah termasuk. Kunjungi tempat perawatan Gaya Spa di bilangan Jakarta Selatan mulai jam 9 pagi hingga 11 malam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com