Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk membuat hubungan Anda bersama pasangan semakin langgeng dan harmonis. Untuk menciptakan hubungan asmara yang semakin mesra, tidak ada salahnya bila Anda dan pasangan bergaul bersama pasangan lainnya, misalnya berkenalan dengan pasangan baru lalu menghabiskan waktu bersama. 

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Colorado Boulder, Amerika Serikat, melaporkan bahwa berkenalan dengan pasangan lainnya dapat membuat Anda semakin dekat dengan pasangan. Untuk meneliti, para ahli mengelompokkan beberapa pasangan dalam grup.

Pasangan dikelompokkan dalam grup yang terdiri dari empat orang. Mereka diminta berbincang dan saling mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat personal, seperti misalnya "Jika Anda dapat makan malam dengan siapapun di dunia ini, siapa yang ingin Anda ajak?" dan pertanyaan seputar prestasi terbesar yang pernah diraih selama ini. 

Dengan saling mengobrol dan mengajukan pertanyaan sederhana semacam itu, para pasangan menjadi lebih cepat akrab satu sama lain. Kemudian setelah itu, masing-masing orang pun merasakan perasaan cinta yang makin dalam kepada pasangannya. 

"Jenis cinta yang mereka rasakan seperti itulah yang sering disebut oleh para psikolog sebagai rasa cinta penuh gairah, dimana perasaan obsesi, kebahagiaan, dan mendamba yang begitu intens muncul layaknya saat hubungan baru dijalin," ujar Keith Welker PhD, Ketua Penelitian. 

Menurut Welker, perasaan cinta seperti ini memang dapat hilang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, perasaan tersebut dapat kembali digugah apabila Anda melakukan hal-hal yang baru dan menyenangkan bersama pasangan. Selain itu, bila Anda bersama pasangan satu waktu melihat orang asing bertemu kemudian menjalin pertemanan, ternyata dapat membantu Anda juga untuk memiliki sudut pandang baru dalam memandang pasangan. 

"Sahabat baru juga bisa Anda jadikan contoh, yang dapat menginspirasi Anda agar lebih menyayangi dan mempercayai pasangan. Menghabiskan waktu dengan sahabat pun dapat menawarkan manfaat yang serupa," jelas Welker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com