Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Ruang Khusus Bersosialisasi di Rumah Anda

Kompas.com - 23/01/2015, 13:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Kala anggota keluarga menjadi makin individualis dengan kesibukan dan gadget masing-masing, sebenarnya Anda dapat mengakali permasalahan kurang komunikasi dan sosialisasi antar anggota keluarga ini, dengan membuat sebuah ruang sosial di rumah Anda. 

Amanda Talbot, penulis buku Happy: Creating Joyous Living Spaces Through Design, memberikan beberapa tip jitu untuk membuat sebuah rumah menjadi benar-benar tempat bagi para anggota keluarga yang mendiaminya.

Amanda berujar bahwa menciptakan ruangan yang secara tidak langsung mengharuskan seseorang untuk bersama sebenarnya sangat bermanfaat, karena pada dasarnya, manusia adalah mahluk sosial. ''Saya bertemu dengan seorang perempuan yang pindah dari rumah dengan kamar tidur besar ke kamar tidur lebih kecil. Pada awalnya, anak-anak perempuan tersebut sangat membenci ruangan itu. Seiring waktu berjalan, lama-kelamaan mereka menyukainya karena mereka dapat bebagi tempat bahkan berkomunikasi bersama,'' jelasnya.

Jadi Amanda mengatakan, akan sangat bijak jika Anda menghabiskan uang untuk membeli sofa besar yang cukup menampung seluruh anggota keluarga, ketimbang membelikan satu tv untuk setiap orang di ruang tidurnya masing-masing.

Selain itu, Amanda juga mengatakan bahwa ruang makan dapat menjadi tempat yang sangat baik untuk berkumpul bersama, apalagi jika ruang makan selalu ditempati saat makan bersama. Ia bahkan lebih senang memanggil meja makan sebagai "meja festival" yakni sebagai sebuah perumpamaan dimana orang-orang lebih bisa bersenang-senang dan melakukan berbagai macam perayaan di meja makan. ''Jika Anda menyediakan kursi yang nyaman di meja makan, anggota keluarga akan cenderung enggan beranjak dari kursi, meskipun makanan sudah habis," tambahnya lagi.

"Kita harus memikirkan cara untuk menggandeng anggota keluarga bersama dan jauhkan penyakit 'kesepian','' tukas Amanda.  Jika keluarga Anda suka membaca, maka buatlah ruang baca dimana banyak buku dan tempat untuk membaca bersama. Bagi yang tinggal di apartmen atau rumah susun, sebenarnya kesepian dapat diatasi dengan membangun fasilitas bersama. ''Di Tokyo, Jepang, ada apartmen dimana penghuninya berbagi perpustakaan, dapur, dan kebun bersama antara satu dengan yang lain. Sebenarnya, tempat sunyi tidalah seburuk itu, yang patut dihindari adalah ketika tidak ada interaksi sama sekali. Hal seperti itulah yang bisa mendatangkan masalah."

Jadi, marilah kita membentuk ruang sosial dalam keluarga mulai sekarang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com