Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2015, 14:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Obesitas dini pada anak kini marak terjadi. Banyak sebab yang dapat membuat anak obesitas, seperti faktor makanan, lingkungan, atau kurangnya aktivitas gerak. Jika disimpulkan, gaya hidup tak sehat adalah hal yang membuat anak menjadi obesitas. Maka dari itu tak ada salahnya bagi Anda sebagai orang tua untuk menanamkan hidup sehat dan rutinnya olahraga pagi pada anak.

Berikut beberapa saran agar menyempatkan anak bagun pagi dan berolahraga sejenak.

1. Rencanakan.
Rencanakan jadwal bangun tidur anak Anda dengan baik. Tak perlu terlalu ketat, karena anak-anak juga butuh beristirahat. Cobalah buat perlahan dimulai dari 2 hari seminggu, dan setelah itu perlahan dinaikkan frekuensinya.

2. Berikan anak tanggung jawab.
Jika Anda memiliki anak tertua, mintalah bantuannya untuk membangunkan adik-adiknya, hal ini akan membuat masing-masing anak merasa bertanggung jawab, atau Anda dapat memberi tugas pagi kepada anak, misalnya harus memberi makan hewan peliharaan. Mau tak mau anak akan bagun lebih awal.

3. Jadilah contoh yang baik.
Ketika meminta anak Anda untuk bangun pagi, pastikan Anda bangun lebih pagi dari anak Anda untuk memberi contoh yang baik pada mereka.

4. Buat permainan saat berolahraga.
Selingan permainan saat berolahraga di tempat terbuka, akan membuat anak dapat lebih bersemangat, sekaligus bergembira untuk melakukan olahraga pagi.

5. Berikan anak target. 
Jika anak Anda obesitas, tak ada salahnya menetapkan target menurunkan berat badan yang dibuat bersama. Memberikan anak hadiah sebagai ucapan selamat karena memeuhi targetnya, juga lebih baik lagi.

6. Buatlah agenda rutin.
Saat anak sudah berhasil menurunkan berat badan, jangan lantas berhenti berolahraga pagi. Buatlah beberapa hal rutin untuk mempertahankan berat badan anak. Selain itu, jika Anda menyadari, aktivitas olahraga pagi bersama anak dapat menjadi waktu yang tepat untuk memperat hubungan dengan orang tuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com