Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Keriting atau Rambut Lurus, Mana yang Lebih Mudah Rontok?

Kompas.com - 29/01/2015, 07:00 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Sudah bukan rahasia lagi bahwa rambut lurus memang lebih digemari ketimbang rambut keriting. Buktinya, banyak produk perawatan dan penataan rambut yang menawarkan manfaat untuk meluruskan rambut. Sebenarnya, antara rambut keriting dan rambut lurus, mana yang lebih mudah rontok?

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, rambut keriting dan rambut lurus memiliki potensi untuk mengalami kerontokkan. Namun, rambut keriting lebih ternutrisi dibandingkan rambut lurus. Pasalnya, kelenjar minyak sebasea lebih mudah menjangkau helai rambut keriting sampai bagian ujung.  Kondisi serupa nyatanya tidak terjadi pada rambut lurus. Alhasil, rambut keriting tidak mudah kering dan patah-patah.

"Kelenjar sebasea adalah kelenjar berbentuk kantong kecil yang terletak di dermis. Tepatnya di sebelah folikel rambut yang berfungsi melepaskan sebum ke rambut dan melembabkan kulit," terang dr Eddy, pada Acara Peluncuran Kérastase 42 Days Hairloss Treatment Program, Selasa (28/1/2015), di Pastis, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Rambut keriting yang rapat atau kribo seperti orang berkulit hitam bisa dibilang tidak pernah mengalami rambut kering. Sebab, kandungan minyak sebasea pada rambut keriting lebih baik,” imbuhnya.

Lalu, bagaimana dengan masalah rambut rontok? Mana yang paling berpeluang mengalami kerontokan?

“Rambut rontok disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor genetis atau gaya hidup. Jadi, rambut keriting dan rambut lurus, sama-sama memiliki peluang mengalami kerontokkan jika tidak dirawat dengan benar,” imbuhnya.

Salah satu cara mengatasi rambut rontok, dr Eddy mengajurkan, untuk memilih perawatan yang tepat sasaran dan konsisten. Jangan memilih jalur instan yang akan memberikan hasil jangka pendek. Sebab, perawatan rambut rontok memerlukan komitmen perawatan yang khusus dan telah melewati uji klinis secara terpercaya.

Sadar bahwa rambut rontok bisa mengganggu penampilan dan aktivitas wanita, maka brand perawatan terdepan, Kérastase, melansir rangkaian perawatan rambut selama 42 hari atau enam minggu untuk Anda yang mengalami masalah kerontokan.

Program perawatan dimulai dari diagnosa kondisi kulit kepala rambut untuk mengetahui permasalahan, rekomendasi produk, dan jenis perawatan yang tepat untuk jenis rambut Anda.

Untuk memaksimalkan hasil akhir, Kérastasemengedepankan produk yang mengandung Aminexil. Kandungan tersebut terbukti sangat efektif merangsang pertumbuhan rambut rontok agar kembali normal dalam waktu 42 hari.

Selain itu, Aminexil juga diklaim ampuh dalam melindungi 140 helai rambut setiap harinya. Inovasi dan teknologi terdepan diterapkan secara menyeluruh oleh Kerastase dalam program 42 hari ini demi memberikan hasil terbaik pada para pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com