Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Buruk dari Bulu Mata Palsu yang Terlalu Panjang

Kompas.com - 30/01/2015, 16:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com – Tren di ranah kecantikan selalu menawarkan ragam produk dan perawatan yang menarik untuk dicoba, mulai dari sulam alis, penanaman rambut agar lebih lebat, hingga produk bulu mata palsu yang banyak digemari oleh wanita.

Namun, menurut laporan yang dirilis oleh Fox News, mengatakan bahwa bulu mata palsu yang terlalu panjang dapat membuat mata kering. Pasalnya, bulu mata palsu yang lebih panjang dari bulu mata asli cenderung menyalurkan udara ke mata, ketimbang melindungi indera penglihatan Anda dari udara berlebihan. Inilah yang menyebabkan kondisi kekeringan pada mata.

Para peneliti mempelajari bahwa bulu mata sintetis yang marak beredar di pasaran dapat menyalurkan udara ke mata sehingga bisa membawa partikel seperti debu. Sebenarnya, menurut fungsi dasarnya, bulu mata berguna untuk melindungi mata dari kotoran dan kekeringan. Namun, jika bulu mata Anda dipajangnkan dengan bulu mata palsu, maka yang terjadi sebaliknya.

Menurut seorang dokter yang berhasil diwawancara oleh sumber berita mengatakan bahwa hasil penelitian ini belum mengonfirmasi, apakah kondisi mata kering tersebut terjadi pada semua jenis bulu mata palsu. “Mata kering terjadi karena beberapa faktor, tapi saya pikir penyebabnya bisa jadi karena maskara dan bulu mata palsu,” terang sang dokter.

Lalu, lain lagi yang diungkapkan oleh seorang pakar bedah kornea yang berbasisi di Los Angeles, Amerika Serikat. Banyak masalah dan keluhan mata yang bisa terjadi akibat ekstensi bulu mata, salah satunya adalah lem pada bulu mata dapat membuat kornea lecet saat terjadi penumbuhan bulu mata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com