Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Kebiasaan Ini Dapat Mengurangi Kekencangan Payudara!

Kompas.com - 31/01/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Payudara adalah salah satu aset terpenting pada tubuh perempuan. Akan tetapi, mereka seringkali tidak sadar bahwa kebiasaan sehari-hari yang rutin dilakukan ternyata dapat mengurangi kekencangan payudara sebelum terjadinya penuaan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of California Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, beberapa aktivitas yang sering dilakukan para perempuan terbukti membuat payudara menjadi tidak kencang. Para peneliti menyatakan bahwa otot di area payudara menua dua hingga tiga tahun lebih cepat dibandingkan anggota tubuh lainnya. 

Kebiasaan pertama adalah merokok. Tidak dapat dielakkan, payudara pun tidak terhindar dari dampak negatif merokok. "Merokok akan melemahkan dan membuat kulit menua karena berkurangnya aliran darah menuju permukaan kulit," ujar Michael Edwards MD, dokter ahli bedah payudara dan presiden dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

Kebiasaan lainnya adalah paparan sinar matahari. Menurut dr Edwards, membiarkan kulit wajah terpapar sinar ultraviolet secara langsung dapat menimbulkan kerutan yang muncul dini. Efek yang sama terjadi pula pada payudara yang jadi tidak kencang karena kulit rusak dan berkurangnya kolagen. 

Di samping itu, mengenakan bra yang tidak mampu menyangga payudara dengan baik juga akan menyebabkan berkurangnya kekencangan payudara. Misalnya, Anda tidak mengganti bra yang dapat menopang payudara dengan baik ketika Anda hendak berolahraga, sehingga payudara melambung-lambung saat Anda melompat atau melakukan gerakan lainnya.

"Semakin payudara Anda melambung-lambung kencang, maka kulit dan kolagen di area payudara akan mengalami stres. Mampirlah ke gerai busana dalam dan belilah bra khusus untuk berolahraga. Selain itu, belilah bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda," saran dr Edwards.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com