Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Es Krim Mahal dan Es Krim Relatif Murah ?

Kompas.com - 01/02/2015, 19:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Untuk sebagian orang, es krim adalah makanan pencuci mulut yang sulit untuk ditinggalkan. Selain menyegarkan, mengonsumsi es krim memberikan kepuasan sekaligus ketenangan bagi penyantapnya. Itulah banyak pakar yang mengatakan bahwa es krim merupakan “sahabat” terbaik nan nikmat.

Seperti kita ketahui, ragam jenis es krim yang beredar di pasaran dibanderol dengan harga dan varian yang berbeda-beda. Mengapa demikian? Sebenarnya, apa yang membedakan antara es krim relatif murah dan relatif mahal?

Menurut L Sally Maitumu, National Shop Manager Häagen-Dazs Indonesia, es krim pun menjelaskan bahwa pada macam-macam brand es krim memiliki segmentasi yang menyebabkan beragamnya harga yang ditawarkan.

"Ada segmen-segmen di es krim. Ada es krim ekonomi, premium, dan super premium. Kalau Häagen-Dazs masuk di (segmen) super premium," ujar Sally di kafe Häagen-Dazs Pacific Place, Rabu (28/1/2015).

Selanjutnya, Sally menjelaskan, ada beberapa hal yang membedakan kategori atau segmentasi es krim, salah satunya adalah kandungan udara atau overrun yang terdapat di dalam es krim. Es krim ekonomis memiliki kandungan udara hingga 100 persen. Adapun kandungan udara pada es krim premium mencapai 50 hingga 100 persen, dan pada es krim superpremium hanya 10 hingga 40 persen.

Perlu Anda ketahui, kandungan udara yang tinggi membuat es krim lebih mudah meleleh. Selain itu, kandungan udara yang cukup tinggi berarti kandungan bahan solid atau total solidnya sedikit. Inilah mengapa es krim super premium terasa padat saat disantap.

"Es krim super premium kandungan udaranya sedikit, total solidnya lebih banyak. Butter fat lumayan banyak. Jadi, kalau ada yang sedang diet, (es krim super premium) sebenarnya lebih baik dihindari," jelas Sally.

Segmentasi es krim ini bisa langsung dirasakan oleh orang yang menyantapnya. Sebab, es krim ekonomi akan menimbulkan sensasi ringan dan cepat leleh di dalam mulut. Sementara itu, es krim premium menawarkan sensasi ringan dan lembut di dalam mulut. Adapun es krim super premium menawarkan sensasi yang lebih creamy, lembut, dan padat di dalam mulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com