Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Wanita Karier Tunda Menikah, Belum Temukan Pasangan yang Tepat

Kompas.com - 02/02/2015, 07:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com –- Menurut hasil riset, para wanita karier di Amerika Serikat dan Eropa memilih menikah dan berkeluarga di usia yang lebih matang ketimbang kaum hawa pada beberapa dekade yang lalu. Pilihan tersebut tentunya berisiko terhadap produktivitas serta fertilitas seorang wanita.

Salah satu penyebab yang sering digadangkan sebagai alasan wanita menunda berkeluarga adalah ambisi dalam berkarier. Namun, pada studi teranyar ditemukan bahwa karier bukanlah alasan utama. Sebab, menurut studi yang dihelat di Swedia ini menemukan bahwa banyak wanita menunda pernikahan karena belum menemukan pasangan yang tepat!

Studi ini melibatkan sejumlah responden dengan kisaran usia mulai dari 36 hingga 40 tahun dan tinggal di daerah kota besar. Selain belum menemukan pasangan yang tepat, para wanita juga meragukan diri yang rasanya belum dewasa untuk memiliki tanggung jawab yang besar seperti memiliki anak. Kemudian, para wanita modern mengaku ingin terlebih dulu melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan saat status masih lajang.

Sejauh ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Centers for Disease Control and Prevention, usia ibu yang melahirkan untuk kali pertama semakin menua. Pada tahun 2011, rata-rata wanita melahirkan di usia 25 tahun. Usia tersebut terus meningkat seiring perputaran waktu. Sebab, pada tahun 2012, ditemukan rata-rata usia ibu melahirkan anak pertama adalah 29 tahun.

“Kondisi ini bukan sesuatu yang baik dan harus segera ditanggulangi. Sebab, menunda memiliki anak, ini berarti peluang wanita untuk hamil secara alamiah terus mengerucut hingga pada kondisi berisiko tinggi,” ujar Erica Schytt, salah satu peneliti di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia.

“Sekarang, para wanita berusia awal 30 bahkan masih santai dan belum memikirkan pernikahan. Umumnya, wanita zaman sekarang baru ingin menikah di usia 36 tahun dan memiliki anak di usia 40 tahun,” imbuhnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com