Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Mendepak “Si Racun” dalam Lingkungan Profesional Anda

Kompas.com - 02/02/2015, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Memiliki rekan kerja yang selalu bergunjing dan menghakimi orang lain, bisa memberikan pengaruh buruk pada kinerja Anda. Sebab, sebenarnya mereka adalah orang-orang dengan minim kemampuan dan kurang kerjaan, yang mencoba memanipulasi Anda untuk ada di pihak mereka.

Hati-hati… si racun ini bisa menurunkan semangat kerja, merusak reputasi Anda di kantor, dan menurunkan peluang Anda untuk lebih berprestasi. Anda kesal dengan keberadaan mereka? Berikut tiga langkah untuk “mengusir” racun dalam lingkup kantor.

Langkah pertama: pastikan bahwa dia bukan teman yang baik
Teman yang baik tidak akan menjatuhkan Anda, baik secara lisan maupun perilaku. Mungkin si teman tidak menyebarkan gosip tentang Anda, tapi lebih membicarakan keburukan orang lain secara terus menerus. Nah, hal yang demikian, jujur saja, pada akhirnya sangat mengganggu dan membuat Anda selalu berpikiran negatif pada orang lain. Jika Anda sudah tidak nyaman dengan kebiasaanya yang demikian, atur langkah untuk menjauhkan diri dari si racun.

Langkah kedua: atur strategi untuk menjauhkan diri
Setelah memutuskan bahwa si racun bisa “menyakiti” diri Anda. Langkah selanjutnya mungkin tidak akan mudah, tetapi untuk kebaikan dan kebahagiaan Anda selama bekerja, Anda mesti tega. Saat Anda telah memprioritaskan diri sendiri di atas kepentingan orang lain, maka secara alamiah diri Anda akan menjauh dari si racun. Beberapa cara yang bisa Anda terapkan adalah menolak ajakan makan siang bersama, menghindar dari segala pertemuan yang tidak berhubungan dengan rencana kerja, dan mengurangi komunikasi dengan si racun.

Langkah ketiga: jangan perlihatkan emosi Anda
Pada tahap ini, si racun sudah merasa bahwa Anda menjauhkan diri. Situasi ini terbilang kondisi yang sulit, karena si racun pasti akan mengajak Anda bicara mengapa Anda seperti susah diajak bicara dan berkumpul bersama. Untuk itu, persiapkan alasan yang masuk akal dan jangan perlihatkan emosi padanya. Orang-orang tipe si racun pasti akan mencari sekutu untuk berada di pihaknya dengan membicarakan berbagai keburukan Anda pada orang lain. Anda harus bertahan pada situasi ini, sebisa mungkin hadapi semua “serangan” dengan diam dan senyum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com